Share

Hasil Timnas Putri Indonesia vs Thailand di Piala Asia Wanita 2022: Garuda Pertiwi Tumbang 0-4

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2537158 hasil-timnas-putri-indonesia-vs-thailand-di-piala-asia-wanita-2022-garuda-pertiwi-tumbang-0-4-mk5bZ4fUie.jpg Timnas Putri Indonesia vs Timnas Putri Thailand. (Foto: AFC)

MUMBAI – Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia kembali menelan kekalahan di Piala Asia Wanita 2022. Tepatnya skuad Garuda Pertiwi tumbang 0-4 dari Thailand di Grup B Piala Asia Wanita 2022, pada Senin (24/1/2022) malam WIB.

Dengan hasil kekalahan itu, Timnas Putri Indonesia menghuni posisi terbawah di Grup B dengan nol poin dan kebobolan 22 gol.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada babak pertama, Thailand langsung melayangkan serangannya ke lini pertahanan Indonesia. Bahkan gawang Fani Supriyanto hampir saja dijebol oleh penyerang Thailand, Chettabutr di menit ke-10.

Meski begitu, skuad Garuda Pertiwi berupaya untuk lepas dari tekanan para pemain Thailand. Namun, terlihat Shalika Aurelia dan rekan setimnya masih terlihat kesulitan karena Thailand terus menebar ancaman ke lini pertahanan Indonesia.

Di menit ke-19, Irravadee Makris hampir saja menjebol gawang Indonesia. Namun bola yang dilesatkannya masih mengenai tangan Fani sehingga bola tersebut membentur mistar gawang.

Timnas Putri Indonesia vs Thailand (AFC)

Setelah menebar ancaman terus menerus, Thailand akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia di menit ke-27. Adalah tandukan Chettabutr yang berhasil mengkonversikan umpang manja dari Chaiyarak. Garuda Pertiwi pun tertinggal 0-1.

Tak sampai disitu, tim asuhan Miyo Okamoto itu kembali berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Lagi-lagi Chettabutr berhasil menjaringkan bola ke gawang Indonesia. Pemain bernomor punggung 3 itu mampu mengkonversikan umpan matang yang diberikan Taneekarn Dangda.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, Garuda Pertiwi masih kesulitan untuk bisa melancarkan serangannya. Tercatat sejauh ini tim besutan Rudy Eka belum bisa melakukan satu pun tendangan yang mengarah ke gawang Thailand.

Alhasil, peluit panjang dibunyikan dan tidak ada tambahan gol. Indonesia tertinggal dari Thailand dengan skor 0-2.

Babak Kedua

Timnas Putri Indonesia vs Thailand (AFC)

Pada babak kedua, Thailand masih mendominasi jalannya pertandingan. Berkali-kali mereka mengancam gawang Indonesia namun berkali-kali juga Fani mampu mengamankan bola-bola yang mengarah ke gawangnya.

Di menit ke-64, Indonesia mendapatkan peluang emasnya. Namun sayang tendangan yang dilesatkan Carla Pattinasarany masih melambung tinggi ke atas mistar gawang Thailand.

Sayangnya gawang Skuad Garuda Pertiwi kembali kebobolan di menit ke-71. Adalah Chettabutr yang lagi-lagi berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan jarak jauh yang dia lesatkan tidak bisa diamankan oleh Riska Aprilia.

Hanya berselang lima menit Thailand kembali menambah kedudukan menjadi 4-0. Kali ini lewat sepakan jarak jauh Irravadee Makris. Indonesia masih terus melakukan upaya untuk bisa menebar ancaman, namun lini pertahanan Thailand masih sangat kokoh.

Memasuki lima menit akhir, Zahra Muzdalifah dan kolega masih belum mendapatkan peluang emasnya. Sementara Thailand masih terus ingin menambah pundi-pundi golnya dengan serangan-serangan yang mereka lancarkan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah. Indonesia harus menelan pil pahit karena kalah dengan skor 0-4.

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia (4-4-2): Fani Supriyanto (Riska Aprilia 60’); Tri Darti Septiawati, Shalika Aurelia (Rani Mulyasari 46’), Ade Mustikiana Oktafiani, Vivi Oktavia Riski; Insyafadya Salsabillah (Carla Pattinasarany 34’), Pani Tri Oktavianti, Helsya Maeisyaroh, Reva Octaviani (Sabrina Mutiara 60’); Baiq Amiatun, Marsela Yuliana Awi (Zahra Muzdalifah 34’).

Pelatih: Rudy Eka Priyambada.

Thailand (4-3-3): Tiffany Sornpao; Sunisa Srangthaisong, Sornsai, Amornrat Utchai, Chaiyarak; Boothduang, Pikul Khueanpet, Raiporn Yongkul; Chettabutr, Irravadee Makris, Taneekarn Dangda (Saowalak Pengngam 75’).

Pelatih: Miyo Okamoto.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini