Share

Dihantam Badai Covid-19, Timnas Putri India Ditendang dari Piala Asia Wanita 2022

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2536931 dihantam-badai-covid-19-timnas-putri-india-ditendang-dari-piala-asia-wanita-2022-rFxhU2tS72.jpg Timnas Putri India tersingkir dari Piala Asia Wanita 2022. (Foto: AFC)

MUMBAI – Tim Nasional (Timnas) Putri India dipastikan tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita 2022. Mereka ditendang dari fase grup usai diketahui ada banyak pemain mereka yang dipastikan positif terpapar virus corona.

Seperti diketahui, India sebelumnya dijadwalkan tanding melawan Taiwan dalam lanjutan Grup A Piala Asia Wanita 2022 pada Minggu 22 Januari 2022 kemarin. Namun sayangnya pertandingan tersebut dibatalkan lantaran banyaknya pemain India yang terpapar Covid-19.

Pada pertandingan tersebut, India tidak bisa memenuhi aturan yang ada. Seperti halnya aturan yang menyebut kalau minimal terdapat 13 pemain yang siap untuk bertanding.

Baca Juga: Tim Tuan Rumah Dihantam Badai Covid-19, Laga Taiwan vs India di Piala Asia Wanita 2022 Batal Digelar

Timnas Putri India

Peraturan tersebut terdapat pada regulasi AFC pasal 4.1. Yang mana regulasi tersebut berisikan tentang aturan khusus yang berlaku untuk kompetisi AFC selama pandemi Covid-19.

Waktu itu India tidak bisa menyanggupi aturan tersebut. Hal itu sudah membuktikan bahwa ada begitu banyak pemain tim tuan rumah yang terpapar virus corona.

Setelah laga dibatalkan, dalam laporan resmi dari AFC, kini pun India dipastikan tersingkir dari Piala Asia Wanita 2022. Hal tersebut sesuai dengan regulasi AFC yang terdapat pada pasal 6.5.5 mengenai peraturan kompetisi. Kemudian poin India dalam Grup A juga dihapus dan keluar dari grup.

Masih berdasarkan situs resmi AFC, ketiga jadwal pertandingan India di Grup A Piala Asia Wanita 2022 melawan Taiwan, Iran, dan China pun sudah tertulis "cancelled" alias dibatalkan. Jadi, praktis dalam grup tersebut kini hanya dihuni oleh tiga negara.

Selain itu, penghitungan tim peserta peringkat ketiga terbaik di antara semua grup akan ditentukan dengan metode yang ditetapkan dalam Lampiran 2 Manual Operasi Kompetisi AFC. Hal tersebut berdasarkan pada regulasi Pasal 7.4 tentang peraturan kompetisi.

Timnas Putri India (AFC)

Untuk menghindari perbedaan dalam perbandingan akhir antara tim peringkat ketiga, hasil pertandingan di Grup B dan C antara tim peringkat pertama, kedua dan ketiga melawan tim peringkat keempat tidak akan dihitung.

Kini dengan adanya kabar India tersingkir karena virus Covid-19, lantas bagaimana kelanjutan turnamen tersebut? Berdasarkann laporan dari AFC, Piala Asia Wanita 2022 akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Timnas Putri Indonesia pun saat ini masih akan terus berjuang di Piala Asia Wanita 2022. Terdekat skuad Garuda Pertiwi akan menghadapi Thailand di laga lanjutan Grup B Piala Asia Wanita 2022, Senin (24/1/2022) puku 19.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini