Share

Bikin Haru, Kim Pan-gon Ternyata Ogah Tendang Shin Tae-yong Kelar Piala Dunia 2018

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2536901 bikin-haru-kim-pan-gon-ternyata-ogah-tendang-shin-tae-yong-kelar-piala-dunia-2018-ECnWALg6Ik.jpg Shin Tae-yong tak mendapat perpanjangan kontrak dari Timnas Korea Selatan kelar Piala Dunia 2018. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, memilih menendang Shin Tae-yong dari jabatan pelatih Timnas Korea Selatan karena desakan dari sana-sini. Hal itu diungkap Kim Pan-gon tak lama setelah kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Korea Selatan kelar Piala Dunia 2018.

Ketika Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan pada 2017-2018, Kim Pan-gon menduduki posisi Kepala Komite Pemilihan Pelatih Timnas Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA). Ia bertugas memilih dan mengevaluasi pelatih Timnas Korea Selatan senior dan U-23.

Kim Pan-gon

(Kim Pan-gon pernah tendang Shin Tae-yong pada pertengahan 2018)

Saat itu, Shin Tae-yong diberi tanggung jawab yang cukup besar. Ia diminta membawa Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2018.

Namun, pencapaian Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 dinilai kurang memuaskan. Meski berhasil mengalahkan juara bertahan Jerman, petinggi KFA tetap tak puas karena Korea Selatan gagal melaju ke fase gugur.

Desakan untuk mendepak Shin Tae-yong pun bergema di KFA. Namun, Kim Pan-gon mengaku telah berusaha mempertahankan Shin Tae-yong sebagai juru latih Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Bilang Begini, Pertanda Timnas Indonesia Menang Telak atas Timor Leste

“Saya lebih suka membela Shin Tae-yong, tapi saya tidak mendapat dukungan dari siapa pun. Paling tidak saya sudah melakukan yang terbaik (untuk mempertahankan Shin Tae-yong),” kata Kim Pan-gon pada wawancara bersama Chosun 2018 silam, Okezone mengutip dari Chosun pada Senin (24/1/2022).

“Seorang pelatih harus tampil percaya diri dengan dukungan publik, media dan para pemain, tetapi dia (Shin Tae-yong) harus melakukannya di bawah papan yang goyah,” sabun pelatih 52 tahun tersebut.

Shin Tae-yong

(Shiin Tae-yong saat menangani Timnas Korea Selatan)

Kim Pan-gon menjadikan keberhasilan Korea Selatan mengirim Jerman ke dasar klasemen Grup F Piala Dunia 2018 sebagai pertimbangan mempertahankan Shin Tae-yong. Namun, keinginan Kim Pan-gon mempertahankan Shin Tae-yong tidak mendapat dukungan dari para petinggi KFA.

“Mengalahkan Jerman adalah sesuatu yang patut jadi pertimbangan. Dia (Shin Tae-yong adalah seorang pemimpin yang bisa melakukan hal besar di masa depan,” lanjut Kim Pan-gon.

Alhasil, ketika kontraknya berakhir pada 31 Juli 2018, Shin Tae-yong meninggalkan jabatan pelatih Timnas Korea Selatan. Kemudian, posisi juru taktik Timnas Korea Selatan dipegang pelatih asal Portugal, Paulo Bento, dan bertahan hingga kini.

Sementara itu, Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia per 29 Desember 2019. Selang dua tahun, Kim Pan-gon meninggalkan KFA dan menjadi pelatih Timnas Malaysia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini