Share

Tak Kuat Hadapi Panasnya Indonesia, Pelatih Ansan Greeners Ngaku Hampir Heatstroke saat Main di Tanah Air

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 51 2535563 tak-kuat-hadapi-panasnya-indonesia-pelatih-ansan-greeners-ngaku-hampir-heatstroke-saat-main-di-tanah-air-C3DasmAEof.jpg Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook (tengah). (Foto: Youtube/Sports-G)

ANSAN – Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook ternyata dulu pernah merasakan bermain di Indonesia. Namun, sayangnya pengalaman pertamanya bermain di Tanah Air tak berjalan baik karena ia mengaku hampir terkena heatstroke lantaran harus berdiri lama di lapangan di tengah kondisi cuaca yang panas.

Min-kook kini memang menjabat status sebagai pelatih Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners, namun jauh sebelum itu ia adalah salah satu pesepakbola andalan Tim Nasional (Timnas) Korea Selatan. Ia tepatnya membela Timnas Korsel pada era 1983-1991.

Lantas bagaimana bisa Min-kook akhirnya dapat kesempatan bermain di Indonesia? Menurut pemaparan Min-kook dalam sebuah wawancara dengan salah satu media Korea Selatan, Sports-G, ia memang berkesempatan bermain di Jakarta, Indonesia.

Baca juga: Demi Asnawi Mangkualam, Pelatih Ansan Greeners Akan Sandera Anak Kedua Shin Tae-yong

Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook. (Sports-G)

Kala itu Min-kook dan seluruh rekan setimnya ikut dalam rombongan Presiden Korea Selatan saat itu, yakni Chun Doo-hwan, yang sedang berkunjung Indonesia. Tak ayal dalam satu acara pertandingan sepakbola, Min-kook berkesempatan menemui presiden negaranya secara langsung.

Menariknya, ternyata Min-kook harus menunggu selama kurang lebih jam di lapangan untuk memberikan sambutan terhadap Presiden Doo-hwan. Gara-gara terlalu lama di bawah sinar matahari, tubuhnya pun kepanasan dan ia mengaku hampir saja terkena heatstroke.

“Indonesia adalah negara pertama yang saya kunjungi saat masih menjadi pesepakbola. Pada 1980-am. Saya menjadi wakil Asia yang bertanding (di Indonesia). Saya ingat sekali waktu itu saya diminta menunggu lima dalam kondisi panas untuk menyambut Presiden,” cerita Min-kook, dikutip dari video youtube Sports-G, Jumat (21/1/2022).

“Semua itu demi bisa bertepuk tangan untuk Presiden Chun Doo-hwan. Waktu itu saya hampir kena heatstroke,” lanjut Min-kook sambil tertawa.

Meski terlihat perjalanan pertamanya ke Indonesia kurang baik, Min-kook nyatanya selalu mengingat kejadian unik tersebut. Indonesia bak sudah membekas di hati pria yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih Ansan Greeners tersebut.

Kini Min-kook pun memiliki kesempatan untuk melatih langsung orang Indonesia, yakni Asnawi. Tentunya diharapkan Min-kook dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki fullback berusia 22 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini