Share

Dilatih Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Sebut Timnas Indonesia Belum Tentu Berprestasi

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 20 Januari 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 51 2534913 dilatih-shin-tae-yong-pelatih-malaysia-sebut-timnas-indonesia-belum-tentu-berprestasi-B9HKMu5Txe.jpg Timnas Indonesia belum tentu berprestasi meski ditangani Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH asal Malaysia, Krishnasamy Rajagobal, menyebut Timnas Indonesia belum tentu berprestasi meski ditangani juru taktik sekaliber Shin Tae-yong. Juru taktik yang kini menangan Brunei Darussalam itu mengatakan, sukses atau tidaknya sebuah tim ada peran si pemain.

Jika pemain gagal mengintepretasikan yang diinstruksikan sang pelatih, Krishnasamy Rajagobal menilai jangan harap tim tersebut berprestasi. Pria yang membawa Timnas Malaysia juara Piala AFF 2010 itu memberi contoh Timnas Uni Emirat Arab (UEA).

Bert van Marwijk

(Bert van Marwijk, pelatih UEA yang pernah bawa Belanda ke final Piala Dunia 2010)

Sejak Maret 2019, UEA ditangani pelatih asal Belanda, Bert van Marwjik. Pelatih yang satu ini jelas bukan juru taktik sembarangan.

Ia pernah membawa Belanda finis runner-up di Piala Dunia 2010. Bahkan Belanda hampir juara jika sejumlah peluang emas yang didapat Arjen Robben tidak digagalkan kiper Timnas Spanyol, Iker Casillas.

Namun, apa hasil yang didapat UEA di bawah asuhan ayah mertua Mark van Bommel tersebut? UEA hancur lebur di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

BACA JUGA: Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Saran dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara

Hingga matchday keenam Grup A, UEA memang menduduki posisi tiga dari enam tim. Namun, Ali Mabkhout dan kawan-kawan terpaut delapan angka dari Korea Selatan di tempat kedua, serta 10 poin dari Iran di tangga teratas.

UEA masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022. Syaratnya mereka finis di posisi tiga grup, menang di playoff zona Asia dan menang lagi di playoff zona antarkonfederasi. Tentunya, butuh usaha sulit untuk merealisasikannya (lolos ke Piala Dunia 2022) jika level UEA masih seperti sekarang.

Shin Tae-yong

“Saya rasa pemain (Indonesia) harus bisa ambil kesempatan ini (ditangani Shin Tae-yong). Walaupun pelatih itu bagus dan berpengalaman, yang penting menurut saya itu pemain Indonesia sendiri. Ada apa tidak keinginan yang besar untuk mengikuti pengalaman dan ideologi yang dibawa pelatih,” kata Krishnasamy Rajagobal mengutip dari Vocket FC.

“Contoh UEA, mereka dilatih pelatih runner-up Piala Dunia. Walaupun memiliki pelatih terbaik di dunia, pemain bisa terapkan cara yang diinginkan pelatih atau tidak? Apakah pemain punya tekad kuat untuk meraih prestasi?” lanjut juru taktik yang menjadi musuh pencinta sepakbola Tanah Air pada Piala AFF 2010 dan 2012.

Sejauh ini, pemain-pemain Indonesia mulai konsisten mengikuti arahan Shin Tae-yong. Terbukti meski hanya bermodalkan pemain muda, Timnas Indonesia finis runner-up di Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini