Share

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Saran dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 51 2534905 jadi-pelatih-timnas-indonesia-shin-tae-yong-dapat-saran-dari-arsene-wenger-nya-asia-tenggara-xPqxDdn38k.jpg Shin Tae-yong mendapat saran dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SHIN Tae-yong pernah mendapat saran tak lama ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019. Saran itu diterima Shin Tae-yong dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara, Krishnasamy Rajagobal.

Krishnasamy Rajagobal yang membawa Timnas Malaysia juara Piala AFF 2010 itu menyarankan Shin Tae-yong untuk belajar budaya Indonesia. Sebab, itu merupakan salah satu cara instan Shin Tae-yong mengenal karakter pemain dan sepakbola Indonesia.

K Rajagobal

(Rajagobal (kiri) sempat memberi saran kepada Shin Tae-yong)

“Shin Tae--yong harus bisa cepat adaptasi dengan budaya. Contoh, jika saya ke Vietnam, saya harus cepat belajar budaya Vietnam, kalau saya ke Thailand, saya juga harus belajar budaya Thailand,” kata Krishnasamy Rajagobal mengutip dari VocketFC.

“Jadi, pelatih dapat ramuan terbaik untuk menguatkan tim. Apakah pemain ini punya ‘senjata’ atau kelebihan bisa dipersatukan,” lanjut pria yang disebut memiliki perawakan dengan pelatih legenda Arsenal, Arsene Wenger itu.

Saran Krishnasamy Rajagobal sebenarnya dijalankan betul Shin Tae-yong. Di awal-awal menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong langsung belajar budaya Islam.

BACA JUGA: Penerjemah Shin Tae-yong Bantah Perpanjang Kontrak dengan PSSI, Pilih Mundur?

Alasan Shin Tae-yong belajar budaya Islam supaya dapat menyusun program latihan yang tak bentrok dengan jadwal ibadah personel skuad Garuda. Sejauh ini, Shin Tae-yong pun telah beradaptasi dengan budaya di Indonesia.

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Sportalkorea.

Shin Tae-yong

“Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut Shin Tae-yong.

Sekarang, Shin Tae-yong sedang berjuang membangkitkan prestasi sepakbola Tanah Air. Terdekat, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022.

Rencananya pada 24 dan 27 Januari 2022, Timnas Indonesia bakal menjajal Timor Leste di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. Kemenangan penting bagi Timnas Indonesia untuk mendongkrak posisi di ranking FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini