Share

Haruna Soemitro Sebut Skuad Thailand di SEA Games 2019 dan Piala AFF 2020 Sama, Padahal Berbeda

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 51 2534326 haruna-soemitro-sebut-skuad-thailand-di-sea-games-2019-dan-piala-aff-2020-sama-padahal-berbeda-xKwNy9gdZ2.JPG Haruna Soemitro samakan skuad Thailand di SEA Games 2019 dengan Piala AFF 2020 (Foto: PSSI)

ANGGOTA Exco PSSI, Haruna Soemitro, menjadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir karena kritiknya atas pencapaian Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, di Piala AFF 2020. Kini, Haruna Soemitro kembali mengundang perhatian karena menyamakan skuad Thailand di SEA Games 2019 dengan Piala AFF 2020.

Sebagaimana diketahui, salah satu kritik Haruna Soemitro adalah kekalahan telak Timnas Indonesia dari Thailand di leg I final Piala AFF 2020. Saat itu, Skuad Garuda kalah telak 0-4 oleh Thailand. Pada leg II, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Thailand 2-2, tetapi mereka tetap kalah agregat 2-6.

Teerasil Dangda (Foto: Instagram/@changsuek)

Kekalahan telak pada leg I menjadi salah satu sorotan Haruna Soemitro. Dia pun menyampaikan kritik terhadap kekalahan itu dalam sebuah podcast.

Kritik Haruna Soemitro terhadap Shin Tae-yong soal kekalahan telak dari Thailand ternyata menjadi buah bibir dan viral. Banyak penggemar Timnas Indonesia yang tidak setuju dengan Haruna Soemitro dan membela Shin Tae-yong.

Youtuber Tommy Desky melalui kanal youtube-nya memberi tempat kepada Haruna Soemitro untuk mengklarifikasi. Dalam kesempatan itu, Tommy Desky menanyakan respons Shin Tae-yong dalam rapat evaluasi Timnas Indonesia saat mendapatkan kritik soal kekalahan telak Timnas Indonesia dari Thailand.

BACA JUGA: Respons Mengejutkan Shin Tae-yong saat Dikritik Haruna Soemitro Diungkap Ketum PSSI

Menurut Haruna Soemitro, Shin Tae-yong tersinggung karena tidak memahami konteks kritiknya. Haruna Soemitro mengaku tidak membandingkan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 dengan Skuad Garuda di SEA Games 2019.

Dia hanya ingin tahu mengapa Timnas Indonesia bisa kalah telak dari Thailand di leg I final. Padahal, menurut Haruna Soemitro, skuad Timnas Indonesia dan Thailand di Piala AFF 2020 tidak berbeda dari yang mentas di SEA Games 2019.

“Ya, tersinggung itu, mungkin dia (Shin Tae-yong) memahaminya konteks membanding-bandingkan. Padahal, saya tidak sedang membandingkan itu,” kata Haruna dalam youtube Tommy Desky, Rabu (19/1/2022).

“Saya memberi fakta, memberi data, bahwa barusan SEA Games, Indonesia dengan pemain yang sama, Thailand dengan pemain yang sama hanya tambah Chanatip dan Dangda (di Piala AFF 2020), kita bisa menang 2-0 di SEA Games, baru saja di Filipina, kemarin begitu kan,” ucapnya.

Chanathip Songkrasin (Foto: AFF Suzuki Cup)

“Kemudian, kok, hari ini, dengan pemain yang sama, dengan proses persiapan yang tidak ringan, artinya persiapan AFF tahun ini (Piala AFF 2020) adalah persiapan yang terbaik selama saya mengurus sepakbola. TC di Turki, pemanggilan pemain, liga di-stop, kemudian semua proses itu disiapkan dengan baik, tapi hasilnya runner-up. Yah, kalo begitu, kira-kira apa yang salah di sini? Saya ingin tanya itu aja. Kira-kira apa yang salah, begitu kan,” tuturnya.

Meski begitu, skuad Thailand di SEA Games 2019 dan Piala AFF 2020 sebenarnya cukup berbeda. Selain Chanathip dan Dangda, Thailand di Piala AFF 2020 juga diperkuat pemain-pemain senior dan berpengalaman lain, seperti Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Thitiphan Puangchan, Adisak Kraisom, Sarach Yooyen, dll.

Hanya Kristada Kaman, Supachok Sarachart, Worachit Kanitsribumphen, dan Supachai Chaided jebolan SEA Games 2019 yang main untuk Thailand di Piala AFF 2020. Sebab, skuad U-23 yang berlaga di SEA Games, sedangkan skuad senior tampil di Piala AFF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini