Share

5 Anak Kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Berkarier di Eropa, Nomor 1 Calon Andalan di SEA Games 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 51 2533748 5-anak-kesayangan-shin-tae-yong-di-timnas-indonesia-yang-berkarier-di-eropa-nomor-1-calon-andalan-di-sea-games-2021-76N8f5nG5t.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

SEMENJAK melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, pelatih Shin Tae-yong memiliki sejumlah pemain andalan yang kerap dibawanya ke suatu pertandingan atau turnamen. Para penggawa andalan itu bahkan kini disebut pemain kesayangan Shin Tae-yong karena saking dekatnya.

Beberapa pemain kesayangan Shin Tae-yong ada yang bermain di Liga 1, tapi juga yang membangun karier di Eropa. Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang saat ini bermain di Eropa dan merupaka pemain kesayangan Shin Tae-yong?

Berikut 5 Anak Kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Berkarier di Eropa”

5. Egy Maualana Vikri

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri kini telah kembali ke Slovakia bersama klubnya FK Senica. Ia pun dikabarkan akan membahas kontraknya dengan klub tersebut setelah kerja sama mereka telah habis di awal Januari 2022 kemarin.

Tentunya diharapkan Egy masih bisa terus membela FK Senica. Bermain di Eropa jelas akan memberikan sebuah pelajaran yang berbeda untuk dipelajari oleh pemain berusia 21 tahun tersebut.

Sebelum bermain di FK Senica, Egy pun pernah bermain di Liga Polandia bersama Lechia Gdansk. Semua itu bisa terjadi karena Egy memang memiliki kemampuan yang menjanjikan dan karena itulah tak heran jika Shin Tae-yong sangat mengandalkannya.

Bahkan di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong tetap memasukkan nama Egy sekali pun ia baru bisa bergabung ketika Timnas Indonesia bisa mencapai semifinal.

4. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Pada ajang Piala AFF 2020, Witan Sulaeman bisa dikatakan menjadi motor serangan Timnas Indonesia. Karena perannya yang besar itu, Witan hampir tak tergantikan di setiap pertandingan skuad Garuda di Piala AFF 2020 tersebut.

Meski memiliki pemain lain yang bisa dimainkan, Shin Tae-yong nyatanya memilih Witan karena percaya akan kemampuan pesepakbola yang kini diisukan akan segera bergabung dengan Egy di FK Senica tersebut.

Ya, Witan dikaitkan dengan FK Senica. Saat ini sendiri sejatinya Witan masih memiliki kontrak dengan Lechia Gdanks.

3. Elkan Baggott

Elkan Baggott

Elkan Baggott memulai karier sepakbolanya di Inggris. Meski lahir di Thailand dan berkarier di Inggris, Baggott pada akhirnya memilih untuk membela Timnas Indonesia.

Saat ini bek yang memiliki postur tinggi itu bermain untuk Ipswicht Town U-23. Ia adalah pemain andalan Shin Tae-yong karena memang pelatih asal Korea Selatan itu yang ngebet meminta PSSI untuk segera menaturalisasi pesepakbola berusia 19 tahun tersebut.

2. Brylian Aldama

Brylian Aldama

Brylian Aldama pernah membela Timnas Indonesia U-19. Tercatat ia sudah memiliki tujuh caps bersama Timnas Indonesia U-19. Ia bisa dipanggil ke timnas muda karena permintaan Shin Tae-yong.

Berposisi sebagai gelandang tengah, menit bermain Aldama di Timnas Indonesia U-19 pun terbilang cukup baik, yakni 365 menit. Hal itu membuktikan bahwa Shin Tae-yong terus memberikannya waktu bermain saat Timnas Indonesia U-19 menjalani laga persahabatan.

Aldama lahir dan besar di Surabaya. Ia mengawali karier di akademi Persebaya. Setelah itu ia mengikuti program Garuda Select hingga akhirnya dibeli klub Kroasia, HNK Rijeka pada Januari 2021.

Saat bergabung Aldama masih bermain untuk HNK Rijeka U-19, lalu pada Juli 2021 ia baru naik ke tim senior. Kini, ia dipinjamkan ke klub Kroasia lainnya, NK Pomorac sedari September 2021 dan akan berakhir pada Juni 2022.

1. David Maulana

David Maulana

David Maulana memulai karier di Eropa pada April 2021 silam, tepatnya dengan bergabung dengan salah satu klub besar Kroasia, HNK Rijeka. Senasib dengan Aldama, ia pun langsung dipinjamkan ke klub Kroasia lainnya, yakni NK Pomorac untuk mendapatkan menit bermain.

Dengan masih berusia 19 tahun, tentu banyak yang berharap David Maulana bisa menjelma menjadi pemain hebat di masa depan karena dapat belajar langsung dengan sepakbola Eropa. Harapan itu pun tampaknya juga dirasakan Shin Tae-yong.

Sebab Shin Tae-yong sangat menyukai pemain yang pernah berada di akademi Barito Putera dan PSMS Medan tersebut. Tercatat ia sudah dipanggil Shin Tae-yong sebanyak delapan kali untuk membantu Timnas Indonesia U-19.

Bermain sebagai posisi gelandang, David Maulana pun digadang-gadang bakal menjadi andalan utama Shin Tae-yong di lini tengah saat Timnas Indonesia bermain di SEA Games 2021 pada Mei 2022 mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini