Share

Malaysia Disebut Minta Ulang Laga Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Ini Fakta Sebenarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 51 2529836 malaysia-disebut-minta-ulang-laga-lawan-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-ini-fakta-sebenarnya-RYYAEjABKP.jpg Duel Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

AKUN YouTube Gila Bola membuat heboh pencinta sepakbola Tanah Air. Mereka mengunggah video dengan judul: ‘Minta Diulang!!! Malaysia Masih Tak Terima Kalah dengan Timnas Indonesia…’.

Lantas, bagaimana dengan fakta sebenarnya? Apakah Malaysia benar meminta ulang laga lawan Timnas Indonesia, yang mana mereka kalah 1-4 di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020?

Gila Bola

(Akun YouTube Gila Bola menyebut Malaysia minta laga ulang lawan Timnas Indonesia. (Foto: YouTube Gila Bola)

Jawabannya tidak sama sekali. Sejauh ini Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) hanya membentuk tim investigasi independen atas kegagalan skuad Harimau Malaya –julukan Malaysia– di Piala AFF 2020.

Nantinya, tim investigasi independen tersebut melapor langsung ke presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin. Lantas, siapa saja anggota dari investigasi independen tersebut?

Sejauh ini, ketua tim investigasi dipimpin mantan Kepala Kepolisian Kuala Lumpur, Datuk Dell Akbar Khan. Untuk menjaga integritas dari tim tesebut, Datuk Dell Akbar Khan tak boleh menunjuk anggota FAM saat ini.

BACA JUGA: Jika Gabung RANS Cilegon FC, Mesut Ozil Pemain Ketiga Juara Piala Dunia yang Merumput di Liga Indonesia

"Tugas utama tim investigasi ini menganalisis kegagalan tim Malaysia di Piala AFF 2020, termasuk pelatihan dan manajemen. Setelah itu, Pak Akbar akan hadir dan menawarkan opsi perbaikan untuk dibahas FAM," kata Presiden FAM, Hamidin Mohammad Amin, mengutip dari media Vietnam, Zing News.

Timnas Malaysia memang membutuhkan perbaikan setelah gagal total di Piala AFF 2020. Di Piala AFF 2020, langkah Malaysia terhenti di fase grup setelah kalah bersaing dengan Vietnam dan Timnas Indonesia.

Timnas Malaysia

Ironisnya saat menghadapi dua negara di atas, Harimau Malaya dihantam Vietnam 0-3 dan dihajar 1-4 oleh Timnas Indonesia. Akibatnya, pelatih Malaysia di Piala AFF 2020, Tan Cheng Hoe, mengundurkan diri kelar turnamen.

Netizen Malaysia pun mendorong FAM untuk menunjuk pelatih asing seperti Timnas Indonesia yang memercayai Shin Tae-yong. Hanya saja, eks pelatih Malaysia, Ong Kim Swee, justru menyarankan FAM untuk menunjuk pelatih lokal.

Alasannya, pelatih lokal paham betul pemain-pemain dalam negeri seperti yang sudah ditunjukkan Tan Cheng Hoe. Karena itu, sekarang menarik gebrakan yang dibuat FAM untuk Timnas Malaysia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini