Share

5 Pemain Naturalisasi yang Gagal Total Bersama Timnas Indonesia, Nomor 1 Sempat Tersandung Masalah Hukum

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 51 2529058 5-pemain-naturalisasi-yang-gagal-total-bersama-timnas-indonesia-nomor-1-sempat-tersandung-masalah-hukum-eEObBhAfil.jpg Ini lima pemain naturalisasi yang gagal bersama Timnas Indonesia (Foto: Okezone/Heru Haryono)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia tampil di Piala AFF 2020 dengan beberapa pemain naturalisasi, seperti Ezra Walian, Victor Igbonefo, dan Elkan Baggott. Sebelum mereka, Timnas Indonesia juga pernah diperkuat oleh pemain-pemain naturalisasi.

Hadirnya pemain-pemain naturalisasi diharapkan bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia sehingga dapat berprestasi di level internasional. Akan tetapi, tidak semua pemain naturalisasi mampu memenuhi ekspektasi tersebut.

Berikut lima pemain naturalisasi yang tidak berhasil bersama Timnas Indonesia:

5. Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran (Foto: Okezone/Heru Haryono)

Daftar ini akan dimulai dari Ruben Wuarbanaran yang dinaturalisasi pada 2011. Sayang, Ruben gagal menunjukkan tajinya bersama Timnas Indonesia.

Dia pun sempat bergabung dengan beberapa klub tanah air, seperti Pelita Jaya, Pelita Bandung Raya, dan Barito Putera. Akan tetapi, kariernya juga tidak berkembang ke arah yang diharapkan.

Kini, Ruben berumur 31 tahun. Sayang, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu tidak memiliki klub sejak 1 Jui 2019. Terakhir, dia main untuk klub Belanda, Germania Groesbeek.

4. Bio Paulin

Bio Paulin (Foto: Antara)

Bio Paulin adalah sosok penting dalam kesuksesan Persipura Jayapura pada 2007 hingga 2017. Pemain berdarah Kamerun itu membantu Persipura meraih berbagai trofi bergengsi.

Bio pun dinaturalisasi pada 2015. Sempat beberapa kali membela Timnas Indonesia, karier internasional Bio bersama Skuad Garuda terganggu hukuman pembekuan dari FIFA terhadap sepakbola Tanah Air. Sejak itu, Bio tidak mencatatkan penampilan lagi untuk Timnas Indonesia. Kini, Bio sudah pensiun.

3. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk (Foto: Okezone)

Sergio van Dijk merupakan pemain naturalisasi selanjutnya dalam daftar ini. Dia tampil bagus bersama Persib Bandung saat merumput di sepakbola Indonesia.

Sayang, performa serupa tidak bisa ditunjukkan pemain berdarah Belanda-Indonesia itu bersama Timnas Indonesia. Setelah dinaturalisasi pada 2014, Van Dijk tidak mampu mengangkat performa Timnas Indonsesia. Mantan pemain Persib itu kini sudah gantung sepatu.

2. Tonnie Cusell

Tonnie Cusell (Foto: Okezone)

Tonnie Cusell adalah pemain naturalisasi lainnya yang tidak bersinar Timnas Indonesia. Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu dinaturalisasi jelang bergulirnya Piala AFF 2012.

Meski begitu, Tonnie Cussel tidak bisa berbuat banyak untuk lambang garuda di dadanya. Timnas Indonesia pun gugur di fase grup Piala AFF 2012. Setelah itu, Tonnie Cusel sempat main untuk Barito Putera pada 2014-2015. Sekarang, namanya sudah tidak terdengar lagi dan sudah pensiun dari dunia sepakbola.

1. Jhonny van Beukering

Jhonny van Beukering (Foto: Istimewa)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Jhonny van Beukering. Dia dinaturalisasi jelang bergulirnya Piala AFF 2012 dengan harapan dapat membantu Timnas Indonesia menjadi juara.

Sayangnya, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu hanya tampil dua kali untuk Timnas Indonesia. Sebab, Skuad Garuda gagal lolos dari fase grup. Sempat bermain di Pelita Bandung Raya, Van Beukering pun kembali ke Belanda.

Pada Januari 2014, Van Beukering tersandung kasus kriminal karena polisi menemukan 600 pohon ganja yang tertanam di salah satu rumahnya di Arnhem. Van Beukering membantah kalau ia yang menanam tumbuhan tersebut.

Setelah pensiun, nama Van Beukering makin tengelam Bagi sebagian besar orang Indonesia, Van Beukering lebih diingat karena tubuh gempalnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini