Share

5 Pemain Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong yang Ternyata Jebolan Pesantren, Nomor 1 Raja Assist Piala AFF 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 51 2527045 5-pemain-timnas-indonesia-asuhan-shin-tae-yong-yang-ternyata-jebolan-pesantren-nomor-1-raja-assist-piala-aff-2020-xSxhZUDHEL.jpg Lima pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong ini merupakan jebolan pesantren (Foto: AFF Suzuki Cup)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia asuahn Shin Tae-yong baru saja menjadi runner-up Piala AFF 2020. Semua pemain, baik yang duduk di bangku cadangan maupun penggawa inti, berkontribusi untuk pencapaian ini.

Uniknya, ada pemain-pemain yang merupakan jebolan pesantren di Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong. Siapa saja mereka? Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang pernah menimba ilmu di pesantren.

Pemain Timnas Indonesia jebolan pesantren (Foto: Okezone)

5. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas (Foto: PSSI)

Evan Dimas Darmono adalah kapten Timnas Indonesia, tetapi perannya kerap diambil alih oleh Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020. Sebab, Shin Tae-yong lebih suka menjadikan gelandang 26 tahun itu sebagai supersub.

Fakta unik tentang Evan Dimas adalah dia ternyata pernah menimba ilmu di pesantren. Dia sekolah di Nahdatul Ulama (NU) Shafta Lontar Citra, Surabaya.

Evan Dimas memang gagal membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020. Akan tetapi, di Piala AFF U-19 2013, Evan Dimas mampu membawa Timnas Indonesia U-19 juara.

4. Dedik Setiawan

Dedik Setiawan (Foto: Twitter/@AremafcOfficial)

Posisi keempat dalam daftar ini ditempati oleh Dedik Setiawan. Penyerang 27 tahun ini memang tidak mencetak gol di Piala AFF 2020, tetapi dia selalu tampil maksimal setiap kali mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong. Sekadar informasi, pemain Arema FC itu pernah belajar di pondok pesantren Liang Gunung.

3. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata (Foto: Instagram/@nadeowinataa)

Kiper Nadeo Argawinata ada di posisi selanjutnya dalam daftar ini. Kiper Bali United itu ternyata pernah belajar di Pondok Pesantren Al-Husna, Kediri.

Sempat diparkir di dua pertandingan pertama Timnas Indonesia, kiper berumur 24 tahun itu menjadi pemain inti sejak Skuad Garuda imbang 0-0 dengan Vietnam. Dia bahkan berperan besar untuk kelolosan Timnas Indonesia ke final dengan penyelamatannya saat menepis penalti pemain Singapura, Faris Ramli.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

Asnawi Mangkualam Bahar vs Thailand (Foto: PSSI)

Posisi selanjutnya ditempati oleh Asnawi Mangkualam Bahar. Wakil kapten Timnas Indonesia itu merupakan jebolan salah satu pesantren di Makassar.

Selain tampil apik, pemain Ansan Greeners itu juga sempat mencuri perhatian di Piala AFF 202. Sebab, Asnawi berzikir sebelum laga kontra Malaysia yang berakhir 4-1 untuk Timnas Indonesia. Bek kanan 20 tahun itu salah satu andalan Shin Tae-yong di pertahanan Timnas Indonesia.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (Foto: AFF Suzuki Cup)

Selanjutnya, ada Witan Sulaeman yang jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Sayap kanan Lechia Gdansk itu ternyata pernah menimba ilmu di Syaikh Zainuddin Abdul Majid Anjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara itu, kontribusi pemain 20 tahun tersebut untuk Timnas Indonesia juga sangat besar di Piala AFF 2020. Dia telah mencetak tiga gol dan membuat lima assist di Piala AFF 2020.

Assist terakhir Witan tercipta untuk Egy Maulana Vikri saat Timnas Indonesia imbang 2-2 lawan Thailand pada leg II final. Sayang, Timnas Indonesia tetap kalah agregat 2-6 dari Thaiiland di partai puncak. Akan tetapi, assist untuk Egy membuat Witan menjadi pemberi assist terbanyak di Piala AFF 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini