Share

Timnas Indonesia Runner-up Piala AFF 2020, Menpora Zainudin Amali Tetap Apresiasi Perjuangan Skuad Garuda

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 51 2526553 timnas-indonesia-runner-up-piala-aff-2020-menpora-zainudin-amali-tetap-apresiasi-perjuangan-skuad-garuda-AVzHEKVzc6.jpg Menpora Zainudin Amali bangga pada perjuangan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 (Foto: AFF Suzuki Cup)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia hanya menjadi runner-up Piala AFF 2020 usai kalah dari Thailand di partai puncak. Meski begitu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, tetap mengapresiasi perjuangan Skuad Garuda, terutama pada leg II kontra Thailand.

Indonesia memang tampil lebih baik pada leg II yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Sabtu 1 Januari 2022, malam WIB. Bahkan, mereka unggul terlebih dahulu lewat Ricky Kambuaya saat laga baru berjalan tujuh menit.

Menpora Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

Namun, Tim Gajah Perang mampu membalikkan keadaan via dua gol cepat yang masing-masing ditorehkan Adisak Kraisorn (54’) dan Sarach Yooyen (56’). Beruntung bagi Indonesia, Egy Maulana Vikri mampu menyamakan kedudukan 10 menit jelang waktu normal usai sehingga pertandingan ditutup dengan skor imbang 2-2.

Kendati imbang, Skuad Garuda tidak bisa melanjutkan pertandingan ke babak tambahan. Sebab, mereka kalah telak empat gol tanpa balas pada leg I sehingga membuat Thailand menang dengan agregat 6-2.

BACA JUGA: Bukti Totalitas, Lihat Ekspresi Sedih Shin Tae-yong Usai Gagal Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Walau gagal meraih trofi Piala AFF pertama, perjuangan Indonesia pada leg kedua tetap diapresiasi oleh Menpora. Menurutnya, tim besutan Shin Tae Yong itu telah memberikan perlawanan luar biasa kepada Teerasil Dangda dkk.

"Saya memberi apresiasi atas perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF. Perlawanan anak-anak kita luar biasa, terlebih mereka bisa unggul terlebih dulu," kata Zainudin, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (3/1/2021).

Kemudian, menteri berdarah Gorontalo itu berpendapat, bahwa Indonesia bisa mengukir prestasi meski menurunkan banyak pemain muda. Bahkan, mereka sanggup menahan imbang sang juara bertahan Vietnam dan menumbangkan dua tim kuat lainnya, yakni Malaysia dan Singapura.

Sekadar informasi, Indonesia belum pernah menyabet gelar juara Piala AFF sejak pertama kali digelar pada 1996 lalu. Skuad Garuda hanya mampu menjadi runner up sebanyak enam kali.

Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)

Prestasi itu berbanding terbalik dengan Thailand. Pasalnya, Tim Gajah Perang adalah tim tersukses di Piala AFF dengan koleksi enam trofi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini