Share

Supaya Timnas Indonesia Berkembang, Shin Tae-yong Minta Pesepakbola Lokal Berkarier di Luar Negeri

Tino Satrio, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 51 2525487 supaya-timnas-indonesia-berkembang-shin-tae-yong-minta-pesepakbola-lokal-berkarier-di-luar-negeri-MFr0DFPc2O.jpg Shin Tae-yong (kanan) minta pemain Indonesia berkarier di luar negeri. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberi saran untuk kebaikan prestasi skuad Garuda. Juru taktik 51 tahun itu meminta para pesepakbola Tanah Air untuk berkarier di luar negeri, seperti di Jepang, Korea Selatan atau Eropa.

Dengan berkarier di luar negeri, banyak pengalaman yang mereka dapatkan. Ujung-ujungnya, skill olah bola mereka meningkat dan prestasi Timnas Indonesia pun ikut terkerek.

Egy Maulana Vikri

(Egy Maulana Vikri salah satu pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri)

Sejauh ini, ada beberapa pesepakbola Indonesia yang berkarier di luar negeri. Sebut saja Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia), Egy Maulana Vikri (FK Senica, Slovakia) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan). Dalam pandangan Shin Tae-yong, pemain Indonesia tak boleh cepat puas berkarier di dalam negeri.

Tentunya, itu demi kebaikan Timnas Indonesia kedepannya. Shin Tae-yong menilai mereka harus mencontoh budaya sepakbola di luar Indonesia yang jauh lebih maju.

"Saya harap banyak pemain Indonesia yang berkarier ke liga luar. Ke Jepang, Korea, atau Eropa untuk mempelajari budaya sepakbola," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Jumat (31/12/2021).

BACA JUGA: Tak Janji Menang Besar, Ini Target Shin Tae-yong kepada Timnas Indonesia di Leg II Final Piala AFF 2020

"Tentunya itu untuk mengembangkan Timnas Indonesia menjadi lebih baik," lanjut pelatih yang membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut.

Perkataan Shin Tae-yong tidak salah. Sebab, kualitas kompetisi sepakbola Tanah Air belum sebagus negara-negara top Asia. Bahkan dengan negara tetangga sekalipun, kualitas kompetisi sepakbola Indonesia masih tertinggal.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong minta banyak pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri)

Misal Thailand atau Malaysia. Kedua negara ini memiliki kompetisi liga yang lebih baik dibanding Indonesia. Klub-klub di sana memerhatikan fasilitas latihan yang dapat menunjang performa para pemain.

Karena itu, semoga makin banyak pesepakbola Tanah Air yang berkarier ke luar negeri. Selain teknik dan pengalaman, visi dan misi bermain pun akan semakin meningkat.

Terlepas dari itu, laga leg II final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand masih dilangsungkan di lokasi yang sama, yakni Stadion National, Singapura. Partai puncak digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini