Share

Kabar Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena Doping, Ini Fakta Sebenarnya

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 51 2525283 kabar-thailand-didiskualifikasi-dari-piala-aff-2020-karena-doping-ini-fakta-sebenarnya-57uLTYZzZ7.jpg Chanathip Songkrasin dan Thailand sempat dikabarkan bakal didiskualifikasi dari Piala AFF 2020. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

DALAM satu hari terakhir ramai pemberitaan di media sosial bahwa Thailand didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena ada salah satu pemain mereka yang positif menggunakan doping, obat yang dapat menaikkan performa si pesepakbola di lapangan.

Sejumlah akun YouTube seperti Gila Bola dan banyak lagi memberitakan hal di atas. Tentunya kabar di atas langsung menaikkan optimisme pencinta sepakbola Indonesia. Jika Thailand didiskualifikasi, otomatis Timnas Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF 2020.

Gila Bola

(Salah satu pemberitaan bahwa Thailand didiskualifikasi dari Piala AFF 2020. (Foto: YouTube Gila Bola)

Sejauh ini, AFF selaku pihak yang berwenang memeriksa kesehatan para atlet selama turnamen Piala AFF 2020 belum angkat bicara. Namun, dipercaya kabar di atas hanyalah hoax.

Dipercaya, kasus doping yang dimaksud di sini adalah hukuman yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Thailand. Sekadar diketahui, pada Oktober 2021 WADA menjatuhkan hukuman kepada Thailand karena gagal menjalankan instruksi secara maksimal perihal tes doping.

BACA JUGA: 5 Penyebab Thailand Bakal Dikalahkan Timnas Indonesia di Leg II Final Piala AFF 2020

Karena itu, para kontingen atau atlet mereka dilarang menggunakan bendera negara di sejumlah ajang internasional hingga waktu tertentu. Sebenarnya bukan hanya Thailand yang menerima sanksi di atas, Indonesia dan Korea Utara juga mendapatkan hukuman serupa.

Extra Time Indonesia

“Kabar burung Timnas Thailand terancam di diskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena kasus doping itu hoax ya. Memang Thailand sedang kena sanksi dari WADA terkait doping tapi itu kasus kurang lebih sama kayak Indonesia (gugel aja), sanksinya dilarang mengibarkan bendera,” tulis akun Twitter @idextratime.

Akun tersebut juga membagikan sejumlah unggahan di media sosial yang mengatakan Thailand terancam didiskualifikasi dari Piala AFF 2020. “Berita hoax doping nyebar banyak banget ya duh apa tidak malu,” lanjut @idextratime.

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia wajib menang dengan selisih lima gol untuk juara Piala AFF 2020)

Sejauh ini, leg II final Piala AFF 2020 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Thailand masih sesuai rencana, yakni pada Sabtu 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Untuk menjadi juara Piala AFF 2020, Timnas Indonesia wajib menang dengan selisih lima gol. Sebab, pada leg I final Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Rabu, 29 Desember 2021 malam WIB, Timnas Indonesia tumbang 0-4 dari Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini