Share

5 Pemain Bule Tambahan Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Thailand Jadi Korban?

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 51 2524758 5-pemain-bule-tambahan-bela-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-asia-2023-thailand-jadi-korban-oMb1IJ0INH.jpg Timnas Indonesia berpotensi diperkuat banyak pemain bule di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

SEBANYAK lima pemain bule tambahan berpotensi membela Timnas Indonesia saat turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022. Mereka ialah Marc Klok (Persib Bandung), Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Mees Hilgers (FC Twente) dan Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles).

Marc Klok per April 2022 genap lima tahun tinggal di Indonesia. Hal itu berarti, gelandang asal Belanda ini bisa memperkuat Timnas Indonesia, meski telah memegang paspor Indonesia sejak Februari 2021.

Marc Klok

(Marc Klok bisa bela Timnas Indonesia per April 2022. (Foto: Persib.co.id)

Kehadiran Marc Klok bakal memperkukuh lini tengah Timnas Indonesia. Semalam, banyak lubang yang ditinggalkan lini sentral Timnas Indonesia saat takluk 0-4 dari Thailand di leg I final Piala AFF 2020, terutama ketika Rachmat Irianto ditarik di awal babak kedua.

Kelemahan itulah yang coba ditutupi pemain yang pernah merumput di Skotlandia tersebut. Kemudian, empat nama lain yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen dalam proses pengumpulan dokumen untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Sejauh ini, dokumen Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah terkumpul 90 persen. Sementara Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen masih dalam proses pengumpulan data. Jika kelima nama di atas gabung Timnas Indonesia, betapa berbahanya skuad Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Media Vietnam Bahas Sindiran Keras Fans Malaysia Usai Timnas Indonesia Kalah 4-0 dari Thailand di Leg I Final Piala AFF 2020

Lantas, formasi apa yang digunakan Shin Tae-yong jika proses naturalisasi nama-nama di atas sudah rampung? Pola 5-4-1 dipercaya masih diandalkan Shin Tae-yong. Dalam pola ini, posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Nadeo Argawinata.

Kemudian, di posisi lima bek sejajar ada Asnawi Mangkualam, Mees Hilgers, Jordi Amat, Elkan Baggott dan Sandy Walsh. Untuk gelandang sentral, duet Marc Klok dan Ricky Kambuaya bakal dipercaya.

 Jordi Amat

(Jordi Amat bisa bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023)

Bagaimana untuk posisi sayap? Witan Sulaeman diandalkan di sayap kanan dan Ragnar Oratmangoen di sisi sebelahnya. Untuk ujung tombak, Egy Maulana Vikri dapat diandalkan sebagai penyerang palsu. Hadirnya nama-nama di atas membuat pencinta sepakbola Tanah Air boleh berharap Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Sekadar informasi, pada 8-14 Juni 2022 bakal digelar babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Nantinya, ada 24 negara yang dibagi ke dalam enam grup. Juara dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke Piala Asia 2023.

Rencananya pada Februari 2023, drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 digelar. Jika mengacu kepada ranking FIFA Desember 2021, Timnas Indonesia dan Thailand berpotensi satu grup, mengingat mereka bakal ditempatkan di pot yang berbeda.

Berdasarkan ranking saat ini, Thailand menempati pot dua. Sementara itu, Timnas Indonesia berada di pot empat.

Jika benar satu grup dengan Thailand, Timnas Indonesia bakal datang dengan kepercayaan diri tinggi. Sebab, di laga tersebut komposisi pemain Timnas Indonesia diprediksi jauh lebih dahsyat ketimbang saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini