Share

Sebut Timnas Indonesia Bisa Lebih Merepotkan ketimbang Vietnam, Legenda Thailand Ini Jagokan Skuad Garuda?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 51 2523788 sebut-timnas-indonesia-bisa-lebih-merepotkan-ketimbang-vietnam-legenda-thailand-ini-jagokan-skuad-garuda-BCc2xq74kU.jpg Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

SINGAPURA - Legenda Tim Nasional (Timnas) Thailand, Worawut Srimaka, percaya tim berjuluk Gajah Perang bakal kesulitan merebut kemenangan dari Timnas Indonesa di final Piala AFF 2020. Pasalnya ia merasa Timnas Indonesia bisa jauh lebih merepotkan dengan Vietnam yang dihadapi Thailand di semifinal kompetisi tersebut.

Worawut sendiri yakin pasukan Shin Tae-yong akan bermain tanpa beban lantaran mereka memang sejak awal tak menargetkan bisa mencapai final. Jadi, semua itu jelas memberatkan Thailand karena mereka justru berada dalam tekanan karena diharuskan menang

Sekadar informasi, Worawut menjadi salah satu pemain yang paling berpengaruh bagi Thailand di masanya terutama saat melawan Indonesia. Ia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak ke gawang Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF.

Baca Juga: Pratama Arhan Absen Bela Timnas Indonesia di Leg I Final Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Pusing

Timnas Thailand (Foto: Instagram/changsuek)

Worawut berhasil membukukan enam gol dalam beberapa kali pertemuan dengan skuad Garuda sejak 1996. Gol pertamanya ke gawang Indonesia saat perebutan tempat ketiga Piala AFF 1998 yang tim Merah Putih menangkan lewat drama adu penalti.

Adapun lima gol sisanya ia lesatkan pada Piala AFF 2000 yang dua di antaranya saat Thailand menang 4-1 di fase grup. Kemudian hattrick saat kedua tim bertemu di partai final yang berakhir 4-1 juga.

Pengalamannya yang tak diragukan lagi saat melawan Indonesia membuat Worawut membandingkan masanya dengan masa kini. Terdapat beberapa tekanan yang lebih berat bagi skuadnya di saat ini.

Pertama dari segi teknologi yang mana dahulu tidak ada media sosial yang mendistraksi para pemain. Namun sekarang, pemain dapat melihat banyak masukan-masukan hingga kritik yang diberikan oleh pendukung sendiri maupun lawan.

“Permainan Thailand dan Indonesia yang intens dulu, tidak bisa disamakan dengan Thailand dan Vietnam saat ini. Karena di masa lalu, tidak ada dunia sosial yang bisa dikritik oleh penggemar sepakbola setelah pertandingan seperti sekarang,” ucap Worawut dikutip dari laman Matichon, Selasa (28/12/2021).

Kedua dari faktor Indonesia itu sendiri. Menurutnya saat ini Indonesia dihuni oleh banyak pemain muda yang masih dalam proses pengembangan di bawah pelatih yang terbilang baru.

Sebab itu, di awal, pelatih Shin Tae-yong tidak menargetkan muluk hingga menembus babak final. Namun pada kenyataannya mereka melampaui, maka mereka akan tampil habis-habisan bersamaan dengan perasaan tanpa beban.

Timnas Indonesia (Foto: AFF)

“Tetapi jika itu adalah pertandingan tunggal seperti di masa lalu, saya pikir pertemuan kedua tim ini pasti akan menyenangkan. Lalu saya berpikir bahwa irama permainan akan lebih sulit daripada pertandingan melawan Vietnam di semifinal sebelumnya,” lanjutnya.

“Terutama tim Indonesia yang mana sebelum turnamen, mereka tidak berharap untuk mencapai final. Tetapi ketika mereka melebihi harapan mereka seperti ini, mereka akan tampil tanpa beban. Dan saya pikir mereka pasti akan bergerak maju sebagai gantinya,” tambahnya.

Final Piala AFF 2020 leg pertama akan berlangsung pada Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB, Sementara leg kedua antara Thailand vs Timnas Indonesia akan dihelat pada Sabtu 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini