Share

Penyebab Pratama Arhan Absen di Laga Timnas Indonesia vs Thailand pada Leg I Final Piala AFF 2020

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 51 2523583 penyebab-pratama-arhan-absen-di-laga-timnas-indonesia-vs-thailand-pada-leg-i-final-piala-aff-2020-Hfrp8jbV4C.jpg Pratama Arhan absen di leg I final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. (Foto: PSSI)

PENYEBAB Pratama Arhan absen di laga Timnas Indonesia vs Thailand pada leg I final Piala AFF 2020, Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB akan dibahas dalam artikel ini. Pratama Arhan absen karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Pertanyaan pun muncul, bukannya Pratama Arhan tidak terkena kartu kuning di laga leg II semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura? Dalam laporan data di akhir pertandingan, tercatat hanya ada satu nama pemain Timnas Indonesia yang terkena kartu kuning, Fachrudin Aryanto.

Pratama Arhan

(Pratama Arhan absen di leg I final Piala AFF 2020)

Namun, AFF kemudian mengoreksi data tersebut. Dalam laporan mereka, Pratama Arhan tercatat terkena kartu kuning di menit 88, tepatnya ketika menjegal winger Singapura, Shawal Anuar, yang berujung penalti.

Sebelumnya di leg I semifinal, pemain yang dikaitkan dengan klub Korea Selatan Seongnam FC itu juga terkena kartu kuning. Pemain 20 tahun itu menerima kartu kuning setelah mengarahkan kaki ke wajah pemain naturalisasi Singapura asal Korea Selatan, Song Ui-young.

โ€œPratama Arhan terkena akumulasi di final leg pertama dan itu sudah dikoreksi. Ia menerima kartu kuning pas kejadian penalti di menit terakhir babak kedua,โ€ kata Nova Arianto.

BACA JUGA: Seongnam FC, Klub Korea Selatan yang Kabarnya Mengincar Pratama Arhan

Jelas kondisi di atas cukup merugikan Timnas Indonesia. Sebab, Pratama Arhan bermain apik dalam mengawal sisi kiri pertahanan skuad Garuda.

Tak hanya mengawal pertahanan, pemain milik PSIS Semarang ini juga aktif menyerang. Terbukti selama gelaran Piala AFF 2020, ia sudah mengoleksi dua gol dan lebih dari tiga assist.

Pratama Arhan

Seiring absennya Pratama Arhan, siapa pemain yang akan diandalkan Shin Tae-yong di sisi kiri pertahanan? Nama Edo Febriansyah sempat dipilih Shin Tae-yong ketika Pratama Arhan absen di laga kontra Laos karena mengalami cedera.

Namun, melihat krusialnya laga final ini, kecil peluang Edo Febriansyah bakal diturunkan. Alfeandra Dewangga bisa dipilih untuk beroperasi sebagai fullback kiri.

Kemudian tiga bek sejajar dipercayakan kepada Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott dan Rizky Ridho. Karena itu, menarik menanti jalannya laga leg I final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini