Share

Final Piala AFF 2020: Media Thailand Soroti Mental Pemain Muda Timnas Indonesia yang Berpotensi Labil

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 51 2523550 final-piala-aff-2020-media-thailand-soroti-mental-pemain-muda-timnas-indonesia-yang-berpotensi-labil-mpAnB8EjHL.jpg Para pemain Timnas Indonesia. (Foto: Laman resmi Piala AFF)

SINGAPURA – Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020 terus ramai disorot. Jelang bergulirnya laga final tersebut, media Thailand, Siam Sport, pun menyoroti khusus soal mental pemain muda Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia mampu lolos ke partai final Piala AFF 2020 dengan mayoritas pemainnya berada di usia muda. Namun, para pemain itu justru disebut berpotensi memiliki mental yang labil.

Para pemain Timnas Indonesia

Hal itu disebut oleh media Thailand, Siam Sport, Selasa (28/12/2021). Media ini melihat potensi itu saat Indonesia mengandaskan Singapura di babak semifinal pada 22 dan 25 Desember 2021.

Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan dengan agregrat 5-3 atas tuan rumah. Mereka awalnya mengakhiri leg I dengan hasil imbang 1-1.

BACA JUGA: Pelatih yang Bawa Spanyol Juara Piala Eropa Dukung Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Kemudian di leg II, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- mampu bermain penuh kejutan dalam 120 menit laga. Akhirnya, Timnas Indonesia pun mampu mengunci kemenangan dengan skor 4-2.

BACA JUGA: Intip Perbandingan Skuad Timnas Indonesia vs Thailand Jelang Final Piala AFF 2020: Dari Tinggi Pemain hingga Rata-Rata Usia

Media Thailand tersebut awalnya memuji permainan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut. Cara mereka bermain dinilai mengalami perkembangan pesat meski diisi oleh pemain muda yang tak berpengalaman.

“Indonesia saat ini (memiliki) usia rata-rata adalah 23,7 tahun, di mana Shin Tae-yong mengirim pemain di bawah 23 tahun untuk memulai lapangan. Benar-benar baik setelah membentuk tim ini sejak 2019, yang merupakan kombinasi dari tim runner-up SEA Games 2019 dengan pemuda berusia 19 tahun selama 90 menit,” tulis media tersebut.

Namun setelahnya, media ini menyoroti beberapa potensi kelemahan yang dimiliki para pemain muda tersebut. Salah satunyaadalah ketidakstabilan mental yang masih bisa kalah oleh pemain-pemain berpengalaman.

“Bermain kurang konsistensi dan kondisi mental yang mungkin agak berfluktuasi. Soal pengalaman dan usia pemain terkadang akan terjadi kesalahan akurasi dan ketajaman saat menghadapi pemain yang lebih berpengalaman seperti Singapura,” lanjut media itu.

Para pemain Timnas Indonesia

Skuad Garuda perlu melakoni dua pertandingan terakhir melawan Thailand di partai final pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Media Thailand itu pun melihat kenyataan pemain muda di kubu Indonesia sebagai hal menarik.

“Aspek menarik lainnya bahwa pemain Indonesia lebih rendah dalam hal pengalaman, rata-rata usia, dan kemampuan dalam kecepatan. Taktik apa yang akan ditampilkan dalam pertandingan penting ini?” tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini