Share

Hukuman Shin Tae-yong ke Pemain Timnas Indonesia yang Makan Sembarangan, Sampai Dijewer!

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 25 Desember 2021 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 51 2522363 hukuman-shin-tae-yong-ke-pemain-timnas-indonesia-yang-makan-sembarangan-sampai-dijewer-5QhaMhNM9i.jpg Hukuman Shin Tae-yong ke pemain Timnas Indonesia yang makan sembarangan. (Foto: YouTube/Soccernesia)

HUKUMAN Shin Tae-yong ke pemain Timnas Indonesia yang makan sembarangan bakal dibahas di artikel ini. Juru taktik 51 tahun itu tak segan menjewer kuping sang pemain jika ketahuan melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.

Momen Shin Tae-yong menghukum pemain Timnas Indonesia terlihat ketika skuad Garuda menjalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arab (UEA) medio Mei 2021, atau jelang melakoni tiga laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong saat menjewer kuping Rifad Marasabessy)

Saat itu ketika sesi makan bersama, Shin Tae-yong kedapatan melihat salah satu pemain Timnas Indonesia, Rifad Marasabessy, mengonsumsi jenis makanan yang berbeda ketimbang pemain lain.

Shin Tae-yong pun murka saat itu. Ia langsung menjewer kuping Rifad yang notabene menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19.

โ€œUntuk meningkatkan kondisi fisik, butuh konsumsi makanan yang benar. Karena ada pemain yang tidak benar dalam mengonsumsi makanan, maka saya tegur sedikit," kata Shin Tae-yong sambil menjewer kuping Rifad, mengutip dari laman resmi PSSi.

BACA JUGA: 5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Hajar Singapura di Leg II Semifinal Piala AFF 2020, Nomor 1 karena Shin Tae-yong

"Seharusnya, kami makan protein yang tinggi. Itu semua agar kondisi fisik mereka bisa meningkat," lanjut pelatih yang membawa Seongham Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut.

Demi memenuhi asupan makanan yang maksimal, apa saja yang harus dikonsumsi? Shin Tae-yong pun menjabarkannya.

Witan Sulaeman

(Witan Sulaeman tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan)

"Misalnya asupan karbohidrat, protein, sayuran, dan lain-lain. Untuk makanan, menu wajib yaitu sayur, daing, ikan, salad, buah, susu, dan roti. Semuanya saya cek, termasuk saat para pemain Timnas Indonesia mengambil takaran porsi makanan," tegas Shin Tae-yong.

Meski terkesan sepele, sudah ada efek positif dari kebijakan Shin Tae-yong. Terbukti stamina pemain Timnas Indonesia bisa main full 90 menit di Piala AFF 2020.

Alhasil, Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Malam ini, Timnas Indonesia akan bertemu Singapura di leg II semifinal Piala AFF 2020 untuk memburu tiket final.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini