Share

Ikhsan Fandi, Pemain Keturunan Indonesia yang Bobol Gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Fitradian Dimas Kurniawan, iNews · Kamis 23 Desember 2021 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 51 2521339 ikhsan-fandi-pemain-keturunan-indonesia-yang-bobol-gawang-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-YUsyHGsVZI.jpg Ikhsan Fandi, pemain keturunan Indonesia yang bobol gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Laman resmi Federasi Sepakbola Singapura).

PENYERANG Tim Nasional (Timnas) Singapura, Ikhsan Fandi, menjadi perbincangan setelah membobol gawang Timnas Indonesia di leg I semifinal Piala AFF 2020, Rabu 22 Desember 2021 malam WIB. Nama Ikhsan Fandi menjadi sorotan karena penyerang 22 tahun ini ternyata pemain keturunan Indonesia.

Di laga tersebut, Timnas Indonesia sempat unggul terlebih dahulu lewat Witan Sulaeman pada menit ke-28. Namun, Singapura berhasil bangkit di babak kedua.

Ikhsan Fandi

(Ikhsan Fandi pemain keturunan Indonesia)

Mereka bermain lebih menyerang dengan memanfaatkan kendurnya serangan pasukan Garuda. Alhasil, Ikhsan Fandi menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga akhir laga.

Hal itu merupakan gol ketiga Ikhsan Fandi di Piala AFF 2020. Ia hanya tertinggal satu gol di belakang para top skor lainnya seperti Safawi Rasid (Malaysia), Teerasil Dangda (Thailand) dan Bienvenido Maranon (Filipina).

Ikhsan Fandi memang diketahui datang dari keluarga pemain sepakbola. Ia merupakan putra dari legendaris Singapura, Fandi Ahmad. Sementara kakaknya juga merupakan pemain yang bernama Irfan Fandi.

BACA JUGA: Siap Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Sampaikan Keluhan Ini

Fandi Ahmad memang lahir dan besar di Singapura. Namun, ia memiliki darah Indonesia dari sang kakek. Ayah Fandi Ahmad, Ahmad Wartam, merupakan keturunan Pacitan, Jawa Timur.

Selain itu, Fandi Ahmad juga pernah berkecimpung dengan sepak bola Indonesia, tepatnya era 1982-1983. Saat itu, ia bergabung dengan Niac Mitra dan bermain di Galatama.

Fandi Ahmad

(Fandi Ahmad ayah dari Ikhsan Fandi)

Kini, Fandi Ahmad memiliki dua putra yang bermain dengan sangat apik. Irfan Fandi kini bermain di klub Thailand, BG Pathum. Sementara Ikhsan Fandi bakal menyusul sang kakak di BG Pathum, meninggalkan klub Norwegia, FK Jerv.

Tentunya, pemain-pemain Timnas Indonesia takkan membiarkan Ikhsan Fandi kembali menggeliat. Hal itu saat Timnas Indonesia menghadapi Singapura di leg II semifinal Piala AFF 2020, Sabtu 25 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Jika Ikhsan Fandi dimatikan di laga tersebut, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke final Piala AFF 2020 terbuka lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini