Share

Pelatih Vietnam Disindir Media Korea Selatan, Shin Tae-yong Disanjung Setelah Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

Ramdani Bur, Okezone · Senin 20 Desember 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 51 2519734 pelatih-vietnam-disindir-media-korea-selatan-shin-tae-yong-disanjung-setelah-bawa-timnas-indonesia-ke-semifinal-piala-aff-2020-URBNqVoWzB.jpg Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 lewat status juara Grup B. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

MEDIA asal Korea Selatan, Inter Football, mengkritik pelatih Vietnam, Park Hang-seo, yang gagal membawa Golden Star –julukan Vietnam– finis sebagai juara Grup B Piala AFF 2020. Mereka menilai Vietnam gagal total karena kalah bersaing dengan Timnas Indonesia yang finis sebagai juara grup.

Vietnam awalnya dijagokan finis sebagai juara Grup B Piala AFF 2020. Hal itu karena secara permainan dan performa, Golden Star disebut yang terbaik ketimbang empat kontestan lain di Grup B, yakni Timnas Indonesia, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Timnas Vietnam

(Timnas Vietnam menang gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020 lewat status juara grup)

Namun, setelah melalui empat pertandingan, Timnas Vietnam harus rela finis sebagai runner-up. Sejatinya, Nguyen Tien Linh dan kawan-kawan tampil luar biasa di fase grup.

Vietnam mencatatkan tiga menang dan satu imbang. Juara Piala AFF 2018 itu juga mengemas Sembilan gol tanpa kemasukan satu gol pun.

Hanya saja, Vietnam kalah produktif ketimbang Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong. Benar, koleksi poin Timnas Indonesia sama persis dengan Vietnam di posisi dua yakni 10 angka.

BACA JUGA: Keren! Berkat Shin Tae-yong, Media Vietnam Bahas Potensi Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia

Tak hanya poin, selisih gol Timnas Indonesia dan Vietnam juga sama persis yakni +9. Akan tetapi, Timnas Indonesia berhak menempati posisi yang lebih baik karena mencetak gol lebih banyak, yakni 13 berbanding sembilan milik Vietnam.

Follow Berita Okezone di Google News

Alhasil, Timnas Indonesia bertemu Singapura di semifinal Piala AFF 2020 yang notabene runner-up Grup A Piala AFF 2020. Sementara Vietnam bertemu Thailand. Laga ini dibilang banyak media Vietnam sebagai final kepagian. Karena itu, Inter Football menyanjung kehebatan Shin Tae-yong yang membuat Timnas Indonesia keluar sebagai juara Grup B.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong ubah mentalitas skuad Timnas Indonesia)

“Pelatih Park Hang-seo dan Vietnam sudah menunjukan kepantasan mereka keluar sebagai juara bertahan. Namun, Vietnam tak bisa melampaui Indonesia asuhan Shin Tae-yong,” tulis Inter Football, mengutip dari media Vietnam Soha.vn.

“Peringkat kedua merupakan hal yang mengecewakan bagi Vietnam. Di semifinal, Park Hang-seo harus menghadapi Thailand yang merupakan pemegang gelar Piala AFF terbanyak,” lanjut ulasan Inter Football.

“Jelas ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi Vietnam. Indonesia benar-benar mendorong Vietnam ke arah yang sulit,” tegas media asal Korea Selatan tersebut.

Laga semifinal Piala AFF 2020 digelar dua leg. Pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura dilangsungkan pada 22 dan 25 Desember 2021. Sementara Vietnam vs Thailand dihelat pada 23 dan 26 Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini