Share

Timnas Indonesia Bikin Vietnam Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 51 2518134 timnas-indonesia-bikin-vietnam-gagal-lolos-ke-semifinal-piala-aff-2020-m6iQj41ldW.jpg Timnas Indonesia berperan jika Vietnam benar gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia dan Vietnam belum memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Hasil imbang 0-0 yang diterima Vietnam kontra Timnas Indonesia semalam, berpotensi membuat Golden Star –julukan Vietnam– gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Kok bisa?

Saat ini setelah melalui tiga pertandingan, puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 ditempati Timnas Indonesia dengan tujuh poin. Namun, Timnas Indonesia tidak sendirian yang mengoleksi tujuh angka, ada juga Vietnam.

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia di ambang lolos ke semifinal Piala AFF 2020)

Hanya saja, Timnas Indonesia berhak menduduki posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Vietnam, yakni +6 berbanding +5. Selanjutnya, posisi tiga ditempati Malaysia dengan enam poin, disusul Kamboja (tiga) dan Laos (nol).

Melihat klasemen di atas, tinggal Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia yang berebut dua slot lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Untuk Vietnam, hasil 0-0 kontra Timnas Indonesia sangat disayangkan.

Sebab, jika mereka memenangkan pertandingan, Vietnam sudah memesan tempat di semifinal Piala AFF 2020. Koleksi Sembilan poin tak mungkin menggeser mereka dari posisi dua besar, mengingat Timnas Indonesia dan Malaysia saling bentrok di laga terakhir pada Minggu, 19 Desember 2021.

BACA JUGA: Pelatih Vietnam Sebut Timnas Indonesia Tak Layak Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020, Apa Respons Shin Tae-yong?

Karena itu, Timnas Indonesia dapat mengambil peran besar jika nantinya Vietnam gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Sebab, peluang Vietnam tersingkir dari Piala AFF 2020 masih terbuka lebar.

Vietnam tersingkir jika di laga pamungkas kontra Kamboja pada Minggu, 19 Desember 2021 malam WIB, mereka kalah. Kemudian di saat bersamaan Timnas Indonesia juga tumbang dari Malaysia.

Timnas Vietnam

(Timnas Vietnam masih mungkin tersingkir dari Piala AFF 2020)

Namun, dengan catatan baik Kamboja dan Malaysia sama-sama menang tipis, alias tak lebih dari selisih satu gol. Jika hasil di atas terjadi, Timnas Malaysia finis teratas dengan posisi Sembilan poin, disusul Indonesia (tujuh), Vietnam (tujuh) dan Kamboja (enam).

Lantas, adakah peluang Kamboja mengalahkan Vietnam? Berhubung tak ada yang mustahil di sepakbola, peluang itu tetap ada. Terbukti ketika tumbang 1-3 dari Malaysia dan kalah 2-4 dari Timnas Indonesia, tim yang dimanajeri Keisuke Honda itu tampil merepotkan.

Terbaru, Kamboja menghajar Laos 3-0! Sebelumnya, Vietnam cuma menang 2-0 atas Laos. Apakah ini pertanda Kamboja bakal menang tipis atas Vietnam?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini