Share

Hasil Piala AFF 2020: Dihajar Kamboja 0-3, Laos Akhiri Perjuangan Tanpa Poin Sama Sekali

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 51 2517585 hasil-piala-aff-2020-dihajar-kamboja-0-3-laos-akhiri-perjuangan-tanpa-poin-sama-sekali-JVSSyCzEcQ.jpg Suasana laga Kamboja vs Laos. (Foto: Twitter/affsuzukicup)

BISHAN – Perjuangan Tim Nasional (Timnas) Laos di Grup B Piala AFF 2020 berakhir dengan tragis karena harus pulang dari Singapura dengan tak memiliki poin sama sekali. Peluang terakhir Laos mendapatkan poin saat melawan Kamboja justru berakhir memalukan karena mereka kalah 0-3.

Bermain di Bishan Stadium, Singapura pada Rabu (15/12/2021) malam WIB, Laos dibuat tak berdaya 0-3 oleh Kamboja. Gawang Laos diacak-acak dua kali oleh penggawa Kamboja, yakni Chan Vathanaka pada menit 31 dan 41, serta satu lagi diciptakan Sieng Chanthe pada menit 74.

Dengan kekalahan 0-3 dari Kamboja, maka Laos yang sudah memainkan keempat laga di Grup B Piala AFF 2020 tercatat selalu menelan kekalahan. Tentunya itu adalah hasil yang sangat buruk karena mereka gagal membawa pulang satu pun poin.

Kamboja vs Laos. (Twitter/affsuzukicup)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Ketika pertandingan dimulai, tempo permainan yang diperlihatkan kedua tim berlangsung dengan cukup lambat. Namun Kamboja mampu tampil sedikit lebih mendominasi dengan penguasaan bola yang lebih baik.

Setelah laga berlangsung selama sepuluh menit, kamboja akhir dapat menciptakan peluang untuk memimpin pertandingan setelah Lim Pisoth melakukan tembakan keras yang mengarah ke gawang. Namun usaha tersebut masih bisa dihadang oleh kiper Laos.

Meski begitu, Laos tidak mau tinggal diam dan mencoba mengembangkan permainan. Hasilnya, Laos pun kini lebih banyak menciptakan peluang dibanding Kamboja untuk memimpin jalannya pertandingan.

Kamboja akhirnya mampu unggul terlebih dahulu setelah Chan Vathanaka mencetak gol pada menit ke-32. Hal tersebut membuat Laos yang sempat tampil baik kini kembali tidak mampu mempertahankan tempo permainannya.

Pada menit ke-43, Chan Vathanaka mampu mencetak gol kedua untuk Kamboja menggunakan umpan dari Kouch Sokumpheak. Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta kembali, Kamboja unggul 2-0 atas Laos.

Babak Kedua

Kamboja vs Laos. (Twitter/affsuzukicup)

Kamboja dan Laos mampu menunjukan penampilan yang lebih baik di babak kedua. Mereka kini mencoba tampil lebih agresif dan dapat lebih banyak menciptakan peluang dibanding di babak pertama.

Meski begitu, Kamboja masih lebih mendominasi jalannya pertandingan. Laos yang telah melakukan berbagai perubahan di babak kedua, masih kesulitan untuk bisa menandingi kemampuan Kamboja untuk menguasai bola.

Pada menit ke-75, kamboja kembali mampu menambah keunggulan mereka. Kali ini Sieng Chanthea mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil mengeksekusi umpan yang diberikan oleh Ean Pisey.

Kamboja terus menunjukan dominasinya hingga pertandingan berakhir. Namun tidak ada gol yang tercipta di sisa laga. Kamboja pun mampu mendapatkan kemenangan pertama usai melibas Laos 3-0.

Berikut Susunan Pemain:

Kamboja (4-3-3): Keo Soksela; Cheng Meng, Soeuy Visal, Tes Sambath, Ken Chansopheak; Kouch Sokumpheak (Min Ratanak 81’), Chrerng Polroth (Orn Chanpolin 80’), Sos Suhana; Lim Pisoth (Ean Pisey 62’) , Chan Vathanaka (Nhean Sosidan 62’), Sieng Chanthea.

Pelatih: Ryu Hirose.

Laos (5-4-1): Solasak Thilavong; Vannasone Douangmaity (Chony Wenpaserth 47’), Thipphachanth Inthavong (Sengdaovy Hanthavong 47’), Photthavong Sangvilay, Kaharn Phetsivilay, Xeddee Phomsavanh (Anantaza Siphongphan 47’); Bouphachan Bounkong, Phatana Phommathep, Phoutthasay Khochalern (Lounleuang Keophouvong 55’), Kydavone Souvanny (Somxay Keohanam 78’); Billy Ketkeophomphone.

Pelatih: Vengadasalam Selvaraj.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini