Share

FFI Ingin Buat Federasi Futsal Internasional, KOI: Hary Tanoesoedibjo Layak Jadi Presidennya

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514544 ffi-ingin-buat-federasi-futsal-internasional-koi-hary-tanoesoedibjo-layak-jadi-presidennya-eft1fBWqhg.jpeg Hary Tanoesoedibjo hadiri Kongres FFI 2021. (Fotot: MNC Media)

JAKARTA - Dalam Kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI) 2021 diketahui ada rencana untuk menjadikan cabor futsal memiliki federasi internasional sendiri dan melepaskan diri dari bawah naungan FIFA. Melihat rencana itu, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sangat mendukung keputusan itu dan bahkan siap membantu Ketum FFI, Hary Tanoesoedibjo menjadi presiden federasi futsal internasional tersebut.

KOI sangat mendukung agar federasi internasional itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum FFI saat ini, Hary Tanoesoedibjo. Hary dipercaya dapat membawa futsal menjadi lebih berjaya di dunia.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini cabor futsal di dunia masih berada di bawah wewenang FIFA. Artinya segala peraturan dan kebijakan masih mengikuti federasi yang juga menaungi sepak bola ini.

Baca Juga: Kongres FFI 2021, Komitmen Hary Tanoesoedibjo Dorong Futsal Jadi Industri

Hary Tanoesoedibjo di Kongres FFI 2021. (Foto: MNC Media)

Dalam pemaparan laporan program di Kongres FFI 2021 yang terselenggara di MNC Hall Conference pada Kamis (9/12/2021), rencana ini menjadi sorotan tersendiri. Tujuan dari adanya federasi internasional yakni fleksibel dalam menjalankan misi menjadi olahraga industri.

Komite Eksekutif KOI, Jadi Rajagukguk yang mewakili Ketua Umum di kongres itu melihat niat baik ini sejalan dengan visi misi KOI. Sebab itu mereka tak segan-segan membantu dalam prosesnya.

“Sesuai visi misi Komite Olimpiade Indonesia yaitu mendorong federasi olahraga nasional untuk berperan aktif dalam federasi internasional,” ucap Jadi Rajagukguk dalam sambutannya, Kamis (9/12/2021).

“Jika berkenan nanti kami siap membantu untuk membentuk sendiri internasional federasi. Sehingga futsal bisa berdiri sendiri. Dan kalau bisa nanti presidennya langsung pak Hary Tanoe,” lanjutnya.

Sontak ucapan itu langsung ditimpali secara riuh dan tepuk tangan oleh peserta kongres yang terdiri dari 34 Provinsi dan klub-klub profesional. “Setuju!” ucap mereka serentak.

Sebelum itu, Hary Tanoe memaparkan target FFI tidak sebatas pada pembentukan federasi internasional saja, ada juga target dari Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia pada 2022 mendatang. Ia menginginkan Timnas dapat menembus Piala Dunia.

Terdekat, Timnas Futsal Indonesia akan berkompetisi di SEA Games Vietnam 2022. Satu agenda lagi yang sudah pasti adalah AFC 2022 di Kuwait pada 16 - 27 Februari 2022.

Hary Tanoesoedibjo di Kongres FFI 2021. (Foto: MNC Media)

“2022 SEA Games Hanoi timnas senior putra dan wanita, kami targetkan emas. Sementara AFC Kuwait 2022 timnas senior target empat besar asia. Mudah-mudahan bisa nomor satu di asia tenggara dan bisa masuk ke piala dunia,” lanjutnya.

Menarik tentunya melihat jika futsal memilik induk federasi sendiri dan tidak lagi di bawah naungan FIFA. Terlebih jika saja yang menjadi presiden pertamanya nanti adalah dari Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini