Kongres FFI 2021, Komitmen Hary Tanoesoedibjo Dorong Futsal Jadi Industri

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514482 kongres-ffi-2021-komitmen-hary-tanoesoedibjo-dorong-futsal-jadi-industri-5fRBr5iJ6k.jpeg Hary Tanoesoedibjo hadiri Kongres FFI 2021. (Fotot: MNC Media)

DALAM Kongres FFI 2021 di MNC Conference Hall, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/12/2021), Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo berkomitmen untuk tetap mendukung kemajuan futsal di Indonesia. Ia pun berharap, futsal bisa menjadi industri layaknya sepakbola dan memiliki federasi internasional yang setara dengan FIFA.

"Hanya satu catatan yang masih perlu kita perjuangkan; masih belum ada organisasi, khususnya untuk futsal internasional. Ini akan diupayakan. Ini bagus sekali, nanti ada FIFA khusus futsal," kata Hary dalam sambutannya di depan pimpinan dari 34 asosiasi futsal provinsi se-Indonesia.

Hary berharap, FFI bisa terus berjalan dan secara organisasi bisa mandiri.

"Apabila berdiri sendiri, maka akan lebih fleksibel dan cepat besar. Bisa lebih cepat menjadi industri," kata dia.

Baca Juga: Misi Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo Bawa Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Piala Dunia

Hary Tanoesoedibjo di Kongres FFI 2021. (Foto: MNC Media)

Apabila futsal telah menjadi industri seperti sepakbola, Hary yakin futsal akan menjanjikan karir bagi pemain, pelatih ataupun wasit.

"Kita ingin futsal menjadi industri seperti sepakbola sehingga futsal bisa menjadi sebuah karier apabila menjadi industri," ujarnya.

Dalam laporan pertanggungjawabannya sebagai Ketua Umum, Hary mengatakan, sepanjang 2019 sampai dengan 2021, FFI fokus pada empat hal, yaitu organisasi, futsal development, kompetisi & kejuaraan, serta tim nasional (timnas) futsal.

"Untuk organisasi FFI berjalan lancar. Meskipun kongres sempat tertunda karena pandemi. Namun, koordinasi dengan PSSI, KONI, KOI, dan Kemenpora berjalan dengan baik," kata dia.

Kemudian, untuk futsal development. Hary menyebutkan FFI fokus pada tiga hal, yaitu pelatih, pemain, dan wasit.

"Khususnya bagaimana meningkatkan kinerja," kata dia.

Lalu terkait kompetisi dan kejuaraan, Hary menjelaskan, FFI telah melaksanakannya sepanjang tahun 2019-2021. Ada dua jenis kejuaraan di FFI, yang pertama mandatory dan optional.

Untuk yang mandatory, FFI menjalankan Liga Futsal Profesional.

"Memang sempat terhenti karena pandemi, namun tahun 2021 akan dilaksanakan dengan prokes yang ketat," kata dia.

Kemudian, untuk Liga Futsal Nusantara 2019 dilaksanakan, namun untuk 2020 terhenti karena pandemi.

Sedangkan untuk yang optional, menurut Hary, FFI merencanakan beberapa kejuaraan, seperti Piala Presiden atau FFI U-18.

Hary Tanoesoedibjo di Kongres FFI 2021. (Foto: MNC Media)

"Dua ini (mandatory dan optional), kita lakukan. Tujuannya untuk memantapkan SDM di futsal dan menjadi roadmap di industri futsal," ujar Hary yang berharap kejuaraan bisa menjadi etalase, yang bisa menjadi wadah untuk memilah dan memilih SDM terbaik untuk futsal.

Kemudian, yang keempat dari fokus FFI, Hary menjelaskan, hal ini terkait timnas futsal Indonesia. "Tentunya ini sangat penting. Kita terus melakukan training center dan tryout kemudian juga mengikuti kejuaraan," kata dia.

Ia menjelaskan ada tiga kategori tim nasional 2021, yaitu timnas senior putra yang mengikuti event resmi untuk AFF, AFC, dan Piala Dunia. Sedangkan, untuk timnas putri dan timnas U-20 hanya mengikuti event di AFC.

"Pencapaian 2019, untuk timnas masuk empat besar Asia. Sedangkan timnas U-20, masuk AFF peringkat dua dan lolos AFC," kata Hary.

Untuk tahun depan, Hary menjelaskan, timnas senior futsal hanya akan ada dua event besar, yaitu Sea Games di Hanoi dan AFC Futsal Asian Cup 2022 di Kuwait. "Target, dapat emas di Sea Games dan empat besar Asia di AFC. Mudah-mudahan nomor satu di Asia Tenggara dan dapat berpartisipasi di Piala Dunia," kata dia.

Hary Tanoesoedibjo di Kongres FFI 2021. (Foto: MNC Media)

Sebagai pemegang wewenang tertinggi di FFI, Hary menegaskan komitmennya tidak akan berhenti untuk memajukan futsal dan menggunakan media sebagai salah satu strateginya menjadikan futsal sebuah industri.

"Mengangkat bidang olahraga tidak bisa lepas dari media MNC Group akan terus memberikan dukungan. Komitmen saya tidak akan berhenti. Saya berharap futsal bisa menjadi industri," kata Hary.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini