Atletico Madrid Temani Liverpool ke Babak 16 Besar setelah Bungkam Porto 3-1

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 261 2513611 atletico-madrid-temani-liverpool-ke-babak-16-besar-setelah-bungkam-porto-3-1-mX25he7Ix2.jpg Atletico Madrid menang 3-1 atas FC Porto di Liga Champions 2021-2022. (Foto/Reuters)

PORTO - Atletico Madrid menemani Liverpool ke babak 16 Besar Liga Champions 2021-2022 setelah membungkam FC Porto pada pertandingan pamungkas Grup B dengan skor 3-1. Pertandingan berlangsung di Stadion Dragao, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB.

Hasil kemenangan itu membuat posisi mereka menggeser Porto dari peringkat kedua dan berhak melaju ke fase gugur.   

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Atletico dapat memulai pertandingan dengan sangat menjanjikan. Mereka mampu memberikan tekanan kepada FC Porto, walau beberapa peluang mereka dapat dihentikan lawan.

Petaka bagi Atletico, mereka dipaksa mengganti pemain lebih awal. Luis Suarez mengalami cedera dan harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-13. Dia tampak menangis ketika meninggalkan lapangan.

Tanpa Suarez, Atletico bekerja keras untuk memperoleh gol. peluang kemudian datang pada menit ke-22. Meski begitu,sepakan Morcos Llorente dapat dihalau kiper Porto, Diogo Costa.

Foto/Reuters 

Porto kemudian berusaha untuk memperoleh keunggulan terlebih dahulu. Pada menit ke-35, mereka nyaris saja mencuri gol. Namun, tendangan Luis Diaz mampu ditepis Jan Oblak. 

Tim tamu terus bekerja keras untuk menemukan celah. Mereka hampir saja menutup babak pertama dengan gol. Tetapi, tembakan Marko Grujic ditangkap Obal dan paruh pertama berakhir tanpa gol. 

Babak Kedua

Begitu babak kedua dimulai, Porto sekali lagi tampil menyerang. Peluang untuk memimpin datang pada menit ke-49. Walau demikian, upaya yang diselesaikan Mehdi Taremi masih melambung.

Sibuk menyerang, pertahanan Porto menjadi lengah. Hal itu dimanfaatkan Atletico untuk unggul pada menit ke-56. Antoine Griezmann sukses mencetak gol dengan tendangan jarak dekatnya.

Hal itu membuat para pemain Atletico mencoba untuk menggandakan keunggulannya. Peluang untuk melakukannya datang pada menit ke-62. Tetapi, depakan Matheus Cunha hanya melebar.

Foto/Reuters 

Meski begitu, Atletico harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-67. Penyebabnya, Yannick Carrasco terlibat keributan dan mendorong pemain lawan. Hal itu menyebabkannya menerima kartu merah langsung. 

Dua menit kemudian, giliran Porto yang juga bermain dengan 10 pemain. Pada menit ke-70, Wendell juga mendapat kartu merah langsung, karena dianggap telah melanggar keras lawannya. 

Atletico akhirnya dapat menggandakan keunggulannya pada menit ke-90. Kali ini, Angel Correa yang menjebol gawang Porto. Dia melepaskan tendangan, meneruskan umpan kiriman Griezmann. 

Memasuki menit ke-90+2, Atletico menambah keunggulannya. Rodrigo de Paul berhasil menorehkan gol dengan tendangannya. Dia dengan cermat memaksimalkan bola liar dan menyambarnya. 

Belum berhenti sampai di situ, Porto kemudian memperoleh penalti. Hal itu menyusul pelanggaran yang dilakukan Mario Hermoso di kotak terlarang. Sergio Oliviera yang menjadi eksekutor pun menyelesaikan tugasnya dengan baik dan laga berakhir. 

SUSUNAN PEMAIN

FC PORTO (4-4-2)

Diogo Costa; Zaidu Sanusi (Wendell 63), Chancel Mbemba, Pepe, Joao Mario (Sergio Oliviera 81); Otavio (Fabio Vieira 82), Vítor Ferreira, Marko Grujic (Jose Corona 81), Luis Diaz; Mehdi Taremi (Toni Martinez 82), Evanilson.

Pelatih: Sergio Conceicao 

ATLETICO MADRID (4-4-2)

Jan Oblak; Sime Vrsaljko, Geoffrey Kondogbia, Mario Hermoso, Yannick Carrasco; Marcos Llorente, Rodrigo de Paul, Koke, Thomas Lemar (Angel Correa 66); Antoine Griezmann, Luis Suarez (Matheus Cunha 13, Renan Lodi 83)

Pelatih: Diego Simeone

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini