5 Pemain Muda Timnas Indonesia yang Berpotensi Bersinar di Piala AFF 2020, Nomor 1 Lionel Messi dari Indonesia

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 51 2511946 5-pemain-muda-timnas-indonesia-yang-berpotensi-bersinar-di-piala-aff-2020-nomor-1-lionel-messi-dari-indonesia-D3z5olVHXx.jpg Lima pemain muda Timnas Indonesia yang berpotensi bersinar di Piala AFF 2020 (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia bakal berlaga di Piala AFF 2020 yang berlangsung dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Sebanyak 30 pemain dipanggil Pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Banyak pemain muda dalam skuad Timnas Indonesia untuk gelaran sepakbola terbesar di Asia Tenggara ini. Berikut lima pemain muda yang berpotensi bersinar di Piala AFF 2020.

5. Witan Sulaeman – 20 Tahun

Witan Sulaeman (Foto: Instagram/@witansulaeman_)

Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, adalah salah satu sosok yang dinantikan aksinya di Piala AFF 2020. Selama pemusatan latihan (TC) di Turki dan beberapa laga uji coba, Witan kerap mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong.

Kreativitas Witan akan menjadi salah satu senjata Timnas Indonesia untuk membongkar pertahanan lawan. Selain itu, pengalaman Witan main di Eropa bersama Lechia Gdansk juga menjadi nilai plus untuk mantan penggawa PSIM Yogyakarta itu.

4. Asnawi Mangkualam Bahar – 22 Tahun

Asnawi Mangkualam Bahar (Foto: PSSI)

Asnawi Mangkualam Bahar adalah kepercayaan Shin Tae-yong di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Seperti Witan, Asnawi pun hampir selalu menjadi pilihan utama saat Timnas Indonesia merumput.

Hal itu wajar karena Asnawi punya kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Kemampuan Asnawi makin terasah sejak main untuk klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners. Dia bergabung ke Ansan Greeners dari PSM Makassar sejak 1 Februari 2021.

3. Rachmat Irianto – 22 Tahun

Rachmat Irianto (Foto: PSSI)

Rachmat Irianto adalah putra dari legenda Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro. Bisa main sebagai gelandang bertahan, bek tengah, dan bek kanan, Raachmat Irianto menjadi salah satu pemain favorit Shin Tae-yong.

Dalam strategi juru taktik asal Korea Selatan itu, pemain Persebaya itu lebih sering berperan sebagai gelandang bertahan. Tugasnya jelas untuk menjegal setiap serangan lawan agar tidak sampai ke barisan pertahanan.

Dia mampu melakukan tugas itu dengan baik setiap kali diberi kepercayaan oleh Shin Tae-yong. Peran Rachmat Irianto akan amat penting untuk kampanye Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

2. Elkan Baggott – 19 Tahun

Elkan Baggott (Foto: PSSI)

Elkan Baggott adalah bek tengah yang kini menjadi andalan Timnas Indonesia. Dengan tinggi 194 cm, dia menjadi tandem yang pas untuk pemain senior Victor Igbonefo.

Elkan pun sudah menunjukkan kemampuannya saat TC di Turki dan dalam laga uji coba kontra Afghanistan. Meski Timnas Indonesia kalah 0-1 lawan Afghanistan, gol terjadi usai Elkan ditarik keluar karena cedera. Jika Elkan main sampai akhir, hasil akhir laga uji coba itu mungkin berbeda.

Kini, Elkan diyakini bakal menjadi andalan Shin Tae-yong untuk mengawal barisan pertahanan Timnas Indonesia. Sekadar informasi, ini merupakan penampilan pertama Elkan di Piala AFF.

1. Egy Maulana Vikri – 21 Tahun

Egy Maulana Vikri (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri merupakan salah satu pemain yang dinantikan aksinya di Piala AFF 2020. Bagaimana tidak, pemain 21 tahun itu sedang dalam performa terbaik bersama klubnya, FK Senica.

Dalam 12 penampilan untuk FK Senica, Egy sudah mencetak dua gol dan membuat empat assist. Penampilan apik Egy, yang memborong dua gol FK Senica saat imbang 2-2 dengan MSK Zilina di Liga Slovakia 2021-2022, bahkan membuatnya dijuluki Lionel Messi dari Indonesia oleh media Vietnam Soha.vn.

Sayang, Egy tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sejak awal. FK Senica baru melepas Egy usai pertandingan terakhir mereka sebelum jeda musim dingin pada 18 Desember 2021. Alhasil, Egy baru bisa beraksi di Piala AFF 2020 jika Skuad Garuda mampu menembus semifinal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini