5 Alasan Kehadiran Ralf Rangnick Bikin Manchester United Berjaya, Nomor 1 Ubah Permainan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 51 2508534 5-alasan-kehadiran-ralf-rangnick-bikin-manchester-united-berjaya-nomor-1-ubah-permainan-hoc9kvV3wr.jpg Ralf Rangnick akan menjadi pelatih sementara Manchester United. (Foto/Reuters)

LIMA alasan kehadiran Ralf Rangnick bikin Manchester United berjaya akan diulas dalam daftar ini. Juru taktik asal Jerman ini telah dikenal mampu mengelola klub dengan jitu sehingga menjadi klub yang disegani.

Rangnick yang mendapat julukan The Professor itu diperkirakan akan menandatangani kontrak selama enam bulan sebagai pelatih sementara Man United. Dia akan menggantikan Michael Carrick.

Setelah jabatannya berakhir sebagai pelatih sementara, Rangnick akan naik pangkat. Dia akan berperan sebagai konsultan selama dua tahun. Jabatan itu akan membuat dia bisa memutuskan siapa yang akan menjadi pelatih Man United berikutnya dan mengubah manajemen Setan Merah.

Berikut lima dampak positif kehadiran Ralf Rangnick untuk Man United:

5. Akademi Manchester United Kembali Kuat

Manchester United merupakan salah satu klub yang konsisten menggunakan produk akademi mereka. Hampir setiap musim dalam beberapa dekade belakangan, selalu ada nama pemain dari akademi Man United yang menjadi andalan di skuad Utama Setan Merah.

Baca juga: 5 Pemain Manchester United yang Dirugikan Efek Kehadiran Ralf Rangnick, Nomor 1 si Mesin Gol

Salah satu contohnya saat ini adalah Scott Mctominay. Pemain berusia 24 tahun kini menjadi andalan Man United di lini tengah.

Foto/Reuters

Sementara Rangnick juga tipe pelatih yang suka memberikan kesempatan kepada pemain muda. Dia telah mempromosikan pemain seperti Sadio Mane, Dayot Upamecano, dan Joshua Kimmich.

4. Sistem Lebih Kuat

Ralf Rangnick akan berada di Manchester United akan menjadi konsultan lebih selama dua tahin. Tugas besar pertama adalah mendapatkan pelatih baru untuk jangka panjang di Manchester United.

Baca juga: 4 Pemain Baru yang Sempurnakan Strategi Ralf Rangnick di Manchester United, Nomor 1 Penyerang Liverpool

Thomas Tuchel dan Klopp telah berbicara banyak tentang pengaruh Rangnick pada gaya manajerial mereka. Oleh karena itu, Man United pasti akan turut merasakan sistem yang baik untuk klub.

Foto/Reuters

Manchester United akan mempertahankan Kieran McKenna dan Michael Carrick, serta Nick Cox. Di bawah pengawasan Rangnick, Manchester United bisa membangun sistem yang tepat dan kemungkinan akan berjaya kembali.

3. Permainan Cepat

Cristiano Ronaldo pernah mengeluh dan meminta tempo permainan Manchester United harus lebih cepat. Dia merasakan permainan Setan Merah sudah sangat jauh berbeda ketika dia pergi pada 2009 silam.

Foto/Reuters

Rangnick mungkin bisa menjadi jawaban Ronaldo. Eks pelatih Schalke 04 ini pernah membeberkan bahwa dia tak suka dengan timnya bermain lambat. Rangnick dikenal menggunakan metode khusus saat latihan agar para pemainnya bisa mendapatkan bola dan menyerang secepat mungkin.

2. Memperkuat Strategi Rekrutmen

"Jika Anda tidak bisa mendapatkan pemain yang tepat, setidaknya jangan mendapatkan pemain yang salah".

Foto/Reuters

Di atas adalah kutipan dari Ralf Rangnick sendiri. Ralf Rangnick adalah orang yang pernah memberi tahu klubnya tentang pemain berbakat dari Brasil, tetapi idenya ditolak dengan alasan biaya transfer. Namun, PSV menggunakan saran Rangnick dan mendatangkan Ronaldo de Lima

Mengingat rekam jejaknya, tidak ada kandidat yang lebih baik dari Ralf Rangnick untuk membersihkan strategi rekrutmen Man United.

1. Gegenpressing

Rangnick dikenal pencetus sepakbola gegenpressing atau counter pressing. Filosofi tersebut merupakan sebuah taktik yang mengedepankan pemain untuk segera merebut bola dan melakukan serangan.

Jurgen Klopp telah terinspirasi dengan gaya permainan ini. Pelatih asal Jerman ini kemudian mendulang kesuksesan bersama Borussia Dortmund dan kini Liverpool berkat Gegenpressing.

Foto/Reuters

Sementara Manchester United melibatkan permainan dengan serangan balik dan transisi cepat di bawah Sir Alex Ferguson. Meskipun gaya itu cukup sukses di bawah Ole Gunnar Solskjaer, akan tetapi masih masalah.

Dengan kehadiran Rangnick, gaya permainan Man United akan berubah. Setan Merah akan dibawa dengan pola baru, yakni Gegenpressing. Para pemain akan diminta untuk melakukan penekanan hingga ke garis pertahanan lawan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini