Pemain Malaysia Rawan Cedera dan Lelah saat Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Bisa Ambil Untung

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 51 2508296 pemain-malaysia-rawan-cedera-dan-lelah-saat-piala-aff-2020-timnas-indonesia-bisa-ambil-untung-NQ9kvTLXAb.jpg Timnas Malaysia saat berlatih. (FAM)

SINGAPURA – Pemain Malaysia rawan cedera dan kelelahan saat akan berlaga di Piala AFF 2020 mendatang. Pelatih mereka, Tan Cheng Hoe menyebut hal tersebut karena timnya minim persiapanan dan jadwal yang padat.

Piala AFF 2020 akan dihelat pada 5 Desember 2021 mendatang. Turnamen sepakbola terbesar di kawasan Asia Tenggara ini akan terpusat di Singapura.

Tan telah menentukan 28 pemain Malaysia yang akan untuk dibawa mengarungi Piala AFF 2021. Hanya saja mereka punya masalah karena skuad belum terkumpul lengkap.

Foto/Twitter

Dari jumlah itu, latihan tahap pertama saat ini hanya melibatkan 12 pemain. Sisanya, belum dapat bergabung karena masih mengikuti kompetisi lokal yaitu Piala Malaysia.

Baca juga: Timnas Indonesia Gilas Myanmar 4-1, Media Vietnam pun Was-Was

Sekadar informasi, Piala Malaysia saat sudah memasuki babak semifinal. Partai puncak mempertemukan Kuala Lumpur FA vs Johor Darul Ta’zim pada 30 November 2021 nanti.

Baca juga: Timnas Indonesia Bantai Myanmar 4-1, Shin Tae-yong Justru Marah-Marah

Pelatih Tan pun mengatakan pemain yang bermain di semifinal Piala Malaysia akan bergabung pemusatan latihan pada 28 November 2021 besok. Kemudian untuk yang main di final baru bergabung pada 1 Desember 2021.

Sementara empat pilar yang bermain di luar negeri juga baru akan bergabung dengan tim di Singapura pada 3 Desember. Mereka adalah Junior Eldstal, Dominic Tan, Luqman Hakim Shamsudin dan Dion Cools.

"Pemain yang tidak bermain di final akan mulai bergabung dengan tim pada (tanggal) 28 hari (Minggu), di mana saya akan memberi mereka hari libur bersama keluarga sebelum memasuki pemusatan latihan nasional," kata Tan Cheng Hoe, Sabtu (27/11/2021).

Ia pun mengkhawatirkan kondisi lelah dan potensi cedera para pemainnya. Oleh sebab itu, fokusnya dalam turnamen nanti yaitu menjaga para pemain agar tetap dalam kondisi fit.

“Kalau kita lihat jadwal (babak gugur Piala Malaysia) cukup dekat, dari segi kekhawatiran ada, terutama dari segi cedera dan kelelahan,” lanjutnya.

Foto/PSSI

“Namun dalam sepak bola ini, terkadang kami tidak bisa menghindari cedera karena para pemain pasti akan bermain dalam kondisi terbaik,” tandasnya.

"Hanya saja masalah kelelahan mungkin akan menjadi tantangan besar kita nanti. Kami berharap dan berdoa agar para pemain fit dan bisa bergabung dengan tim setelah semifinal dan final Piala Malaysia nanti," pungkasnya.

Terlepas dari itu, ini bisa jadi keuntungan bagi Timnas Indonesia yang satu grup dengan mereka. Bergabung di grup B, Indonesia dan Malaysia bersama Laos, Kamboja, dan Vietnam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini