12 Suporter Paling Fanatik dan Berpengaruh di Sepakbola Indonesia, Nomor 1 Fans di Luar Negeri

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 49 2496803 12-suporter-paling-fanatik-dan-berpengaruh-di-sepakbola-indonesia-nomor-1-fans-di-luar-negeri-5pVgPv4OLg.jpg 12 suporter paling fanatik dan berpengaruh di sepakbola Indonesia, salah satunya The Jakmania pendukung Persija Jakarta. (Foto/Okezone/Heru Haryono)

12 suporter paling fanatik dan berpengaruh di sepakbola Indonesia menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Sebab, kehidupan sepakbola di Indonesia sendiri takkan terlepas dari sosok suporter.

Berkat dukungan dan kehadiran mereka dalam setiap pertandingan, motivasi lebih menjadi dimiliki oleh para pemain untuk meraih kemenangan. Karena itu, membahas soal suporter menjadi hal yang menarik dalam dunia sepakbola.

BACA JUGA: Macam-Macam Permainan Bola Besar dan Manfaatnya

Di dunia sepakbola Indonesia sendiri, ada sejumlah suporter yang dinilai paling fanatik dan berpengaruh. Siapa saja mereka? Berikut daftar 12 suporter paling fanatik dan berpengaruh di sepakbola Indonesia.

BACA JUGA: Tidak Divaksin Covid-19, Presiden Brasil Tak Boleh Nonton Pertandingan Sepakbola di Stadion

12. BCS

Salah satu suporter paling fanatik dan berpengaruh di sepakbola Indonesia ialah BCS. Ini merupakan kepanjangan dari Brigata Curva Sud. BCS mendukung PSS Sleman. Klub suporter ini dikabarkan muncul pada 2011.

11. Ultras Gresik

Berikutnya, ada Ultras Mania Gresik. Ini merupakan sebutan untuk suporter klub sepakbola Gresik. Di Gresik, ada dua wakil yang mentas di liga utama Indonesia pada masa 1994-1995. Mereka adalah Petrokimia dan Persegres.

12 Suporter Paling Fanatik dan Berpengaruh di Sepakbola Indonesia

(Ilustrasi sepakbola)

Pada Desember 2005, Petrokimia pun bergabung dengan Persegres menjadi Gresik United. Gresik United kini terdegradasi dari Liga 2 sehingga bersaing di Liga 3.

10. Suporter PSMS Medan

Suporter dari klub sepakbola PSMS Medan juga masuk daftat ini. Mereka diketahui punya beberapa kelompok pendukung, seperti PFC (PSMS Medan Fans Club), KAMPAK FC (Kesatuan Anak Medan Pencinta Ayam Kinantan-Fans Club), dan masih banyak lagi lainnya.

9. Pasoepati

Berikutnya, ada Pasoepati. Ini merupakan fans sepakbola untuk klub Persis Solo. Pasoepati merupakan singkatan dari Pasukan Soeporter Pelita Sejati.

Pasoepati yang berasal dari Kota Solo tentunya kini mendukung Persis Solo. Sebelumnya, kelompok suporter ini muncul karena kehadiran klub sepakbola Pelita Jaya yang pernah berkandang di stadion Manahan pada 2000.

7. Pusamania

Berikutnya, ada Pusamania. Ini merupakan kepanjangan dari Putra Samarinda Mania. Sesuai namanya, Pusamania memberikan dukunga untuk sepakbola di Samarinda. 

Kini, Pusamania pun turut mendukung kiprah klub Borneo FC. Pusamania sendiri terbentuk pada 1994 sehingga menjadi salah satu kelompok suporter tertua di Indonesia.

6. Bonek

Selanjutnya, ada Bonek. Ini merupakan fans dari Persebaya Surabaya. Bonek memiliki kepanjangan dari Bondho Nekat.

Istilah Bonek sendiri dikabarkan muncul pada 1988. Ketika itu, ada banyak suporter dari klub Persebaya Surabaya yang berbondong-bondong ke Jakarta demi menyaksikan tim kesayangannya berlaga.

5. Aremania

Kalau kelompok suporter yang satu ini merupakan fans dari klub Arema FC. Aremania menjadi klub suporter yang atraktif, sportif dan kreatif. Kelompok pendukung ini mulai dikenal pada akhir 1990-an.

12 Suporter Paling Fanatik dan Berpengaruh di Sepakbola Indonesia

(Aremania)

4. Kelompok Suporter Persipura

Persipura Jayapura juga punya kelompok suporter. Fans dari klub ini diberi nama Persipura Mania. Mereka juga memiliki penggemar atau ultras garis keras yaitu, The Comen's dan Black Pearl Curva Nord.

3. Kelompok Suporter PSM Makassar

PSM Makassar juga punya kelompok suporter. Fans dari klub ini bernama The Maczman. Kelompok supoter ini muncul pada awal 2001. Setelah itu, lahir kelompo-kelompok fans lain dari PSM Makassar seperti Red Gank dan Laskar Ayam Jantan.

2. The Jakmania

Di urutan kedua, ada The Jakmania. Ini merupakan fans dari klub sepakbola Persija Jakarta. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ide membentuk The Jakmania muncul manager Persija saat itu, Diza Rasyid Ali. Ide ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta kala itu, Sutiyoso.

12 Suporter Paling Fanatik dan Berpengaruh di Sepakbola Indonesia

(The Jakmania)

Sebagai pembina Persija, Sutiyoso memang sangat menyukai sepakbola. Ia ingin sekali membangkitkan kembali persepakbolaan Jakarta.

1. Bobotoh

Di urutan teratas, ada Bobotoh. Bobotoh adalah sebutan untuk suporter klub sepakbola Persib Bandung. Bobotoh yang berasal dari bahasa Sunda memiliki makna orang yang menghidupkan semangat, orang yang memberikan semangat.

12 Suporter Paling Fanatik dan Berpengaruh di Sepakbola Indonesia

Sesuai namanya, kehadiran Bobotoh mampu membangkitkan semangat untuk para pemain Persib Bandung. Suporter ini pun jadi salah satu yang paling berpengaruh di dunia sepakbola Indonesia. Bahkan, fans dari Persib Bandung sudah tersebar di luar negeri. (Dji)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini