Xavi Hernandez Latih Barcelona, Joan Gaspart: Treble Winners Menanti

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 30 46 2494159 xavi-hernandez-latih-barcelona-joan-gaspart-treble-winners-menanti-XCU820wKfk.jpg Xavi Hernandez. (Foto: Twitter/Al-Sadd)

BARCELONA - Mantan Presiden Barcelona, Joan Gaspart Solves mengatakan Blaugrana akan sangat cocok jika dilatih oleh Xavi Hernandez. Bahkan ia memprediksi di tangan Xavi, Barcelona akan sangat sukses, bahkan bisa mengulangi kesuksesaan treble winners.

Ucapannya mengundang kontroversi mengingat Barcelona sedang dalam kondisi hancur lebur. Selain krisis keuangan yang diwariskan presiden sebelumnya, Josep Maria Bartomeu, kini raksasa Catalan tersebut sedang terlelap lantaran sering menderita hasil negatif.

Barcelona mengalami krisis lini belakang lantaran sudah kebobolan 17 gol dari 13 laga di semua ajang pada musim 2021-2022. Belum lagi masalah lini depan, musim ini, Memphis Depay yang berada diplot sebagai ujung tombak mengalami kemandulan dengan hanya mencetak empat gol dan dua assist dari 13 laga.

Baca Juga: Xavi Hernandez ke Barcelona, Al-Sadd Beri Jawaban

Xavi Hernandez

Selain di liga domestik yang belum menang dari empat laga terakhir, Barcelona juga memar-memar di Liga Champions musim ini. Dari tiga laga, tim berjuluk Blaugrana baru meraih satu kemenangan dari tiga laga, dan sudah kebobolan enam gol dari tiga laga itu.

Akan tetapi, Gaspar menilai bahwa segalanya tidak ada yang tidak mungkin. Dirinya berpendapat bahwa para pelaku sepak bola harus terus optimis guna meraih hasil maksimal.

“Barcelona akan meraih Liga Champions, dan Liga Spanyol, karena masih banyak kejuaraan tersisa, beserta Copa del Rey yang belum dimulai. Meski seseorang bisa salah, tapi tanpa optimism, seseorang tidak akan hidup bahagia. Lebih banyak hal sulit di sepak bola. Kami berharap bisa menaruh cita-cita setinggi mungkin di masa depan,” ujar Gaspar dilansir El Confidencial, Sabtu (30/10/2021).

Lebih lanjut, dirinya juga menepis anggapan publik yang mengatakan bahwa Xavi tidak cukup berpengalaman untuk melatih tim besar di level tertinggi. Gaspar membandingkannya dengan Pep Guardiola yang sebelumnya hanya melatih tim junior, dan Luis Enrique yang hanya melatih Celta Vigo.

“Dengan mempertimbangkan hasil, apakah terlalu dini bagi Guardiola yang hanya berbekal pengalaman melatih tim junior? Dan Luis Enrique? Lalu mengapa dia (Xavi) harus tidak berhasil? Semua orang berpendapat bahwa mereka tidak memiliki pengalaman, tapi lihat hasilnya,” kata lanjut mantan presiden klub yang menjabat dari musim panas tahun 2000 hingga musim dingin tahun 2003 tersebut.

Xavi Hernandez

Gaspar juga mewajarkan krisis keuangan Barcelona. Menurutnya, krisis tersebut merupakan hal yang wajar mengingat dunia sedang dilanda situasi pandemi.

“Semua orang berkata bahwa Barca adalah satu-satunya tim dengan masalah keuangan. Itu tidak benar, semua tim mengalami itu (krisis keuangan), karena pandemi telah merugikan mereka,” saambung Gaspar.

Menarik tentunya melihat apakah keinginan Gaspar itu akan terwujud atau tidak. Satu hal yang pasti, saat ini Blaugrana sudah menunjuk juruk taktik Barcelona B, Sergi Barjuan untuk menjadi pelatih sementara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini