Piala AFF Futsal 2021 Resmi Batal Usai Thailand Kena Sanksi dari WADA

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 51 2491425 piala-aff-futsal-2021-resmi-batal-usai-thailand-kena-sanksi-dari-wada-tc-timnas-indonesia-bubar-9WsqGkki9l.jpg Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahasi saat TC di Surabaya. (Foto/PSSI)

BANGKOK – Thailand terkena sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) membuat negara tersebut tidak boleh menjadi tuan rumah ajang olahraga apa pun. Imbasnya, Thailand secara resmi membatalkan Piala AFF Futsal 2021.

Sedianya Thailand menjadi tuan rumah AFF Futsal Championship 2021 pada 11-15 November mendatang. Tim peserta diwajibkan tiba di Thailand pada 8 November 2021. Namun, AFF telah menyampaikan pembatalan turnamen pada Jumat (22/10/2021) lalu.

Foto/PSSI

Menyusul keputusan Thailand itu, Federasi Futsal Indonesia (FFI) telah membubarkan Pemusatan latihan yang baru berjalan sekitar 2 minggu di Surabaya.

Baca juga: Selesaikan Sanksi dari WADA, Kemenpora Lunasi Tunggakan LADI Sebesar Rp300 Juta ke Anti-Doping Lab

Pelatih Kepala Kensuke Takahasi meminta 20 pemain pilihan untuk tetap bersemangat meskipun harus menahan rindu membela panji Negara.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta LADI Direformasi Total Buntut Sanksi dari WADA

“Yang pasti saya sangat bangga dan terima kasih kepada kalian semua. Kita sudah sampai pada fase pertama, kita lanjutkan lagi berikutnya, Jadi sekarang kalian kembali ke klub, lanjutkan kerja keras. Mari kita mencapai target yang tinggi, semoga kita menjadi pemain dan pelatih yang berkembang,” tutur Ken memberikan semangat dalam rilis yang diterima Okezone, Senin (25/10/2021).

Pemain senior yang membela Timnas Futsal Indonesia sejak 2012, Bambang Bayu Saptaji mengaku sedih tetapi siap bertanding kapanpun Negara membutuhkannya.

“Yang pasti saya sebagai pemain juga cukup kecewa atas pembatalan Turnamen ini, selama 2 minggu ini kami dan staff kepelatihan sudah membangun tim ini dengan kemampuan yang lebih baik dibanding pemusatan latihan sebelumnya,” tuturnya.

Foto/PSSI

“Tapi inilah kenyataannya yang pasti kita harus siap dengan hal itu karena situasi dan kondisi saat ini dan kami harus tetap semangat” ungkap pemain yang juga pernah membela Klub Futsal Halus FC.

Dengan demikian Timnas Futsal Indonesia sama sekali tidak tampil di ajang Internasional pada tahun in. Sebelumnya AFC Futsal Championship 2021 dibatalkan dan SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam juga resmi ditunda hingga Mei 2022 sehingga Timnas Futsal tidak jadi beraga di kedua event besar itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini