Ketum PSSI Konfirmasi Elkan Baggott Tak Mau Bela Timnas Indonesia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 51 2490466 ketum-pssi-konfirmasi-elkan-baggott-tak-mau-bela-timnas-indonesia-y7BTiaH3tO.jpg Elkan Baggott saat membela Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan akhirnya buka suara terkait alasan tidak adanya nama pemain keturunan Indonesia, Elkan Baggott, di skuad Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Menurut penyataan Iriawan, itu semua terjadi karena Elkan menolak untuk membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Iriawan menyampaikan kabar terkait Elkan Baggott itu usai menghadiri pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali dalam pembahasan Evaluasi Liga 1 dan Liga 2021-2022 pada Jumat 22 Oktober 2021 kemarin. Pada momen itulah Iriawan buka-bukaan soal masa depan Elkan.

Menurut pernyataan Iriawan, sejatinya pihak PSSI sudah menghubungi Elkan untuk membantu Timnas Indonesia U-23 dalam menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Namun, dari pihak Elkan tak menjawab sama sekali panggilan dari PSSI tersebut.

Baca Juga: Naik 10 Peringkat di Ranking FIFA Edisi Oktober 2021, Timnas Indonesia Masih Tempati Peringkat 7 ASEAN

Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19

Karena panggilan PSSI dicuekin, Iriawan lantas menyimpulkan bahwa pemain yang sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19 itu tampaknya tak mau membela Garuda. Bahkan Iriawan merasa mungkin Elkan berniat untuk membela timnas lain.

“Elkan Baggott itu sudah dihubungi beberapa kali tetapi tampaknya tidak ingin membela timnas kita. Tentu kami sayangkan itu,” ungkap Iriawan usai pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali, Sabtu (23/10/2021).

Kelihatannya begitu (Elkan memilih timnas lain) karena sudah beberapa kali kami kontak (tapi tidak dijawab),” lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Tentunya Iriawan dan pihak PSSI sangat kecewa dengan sikap Elkan tersebut. Pasalnya dulu PSSI sangat mendukung penuh keputusan Elkan yang ingin membela Merah Putih, tapi sekarang mereka justru tak dianggap oleh pemain yang kini membela Ipswich Town U-23 tersebut.

“Dulu waktu mau masuk Timnas Indonesia U-19 ngejar-ngejar kita, tapi sekarang ditawari (main) di timnas yang ada malah mereka tidak respons,” lanjut Iriawan.

Elkan Baggott

“Bahkan biometric KTP kami fasilitasi waktu itu, tapi (kini) dia tidak datang,” tambah Ketum PSSI tersebut.

Pihak PSSI tampaknya benar-benar kecewa dengan sikap Elkan Baggott tersebut. Padahal Elkan diharapkan bisa menjadi pemain yang dapat memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 nanti.

Tapi apa daya, pemain yang pernah ikut Timnas Indonesia U-19 TC ke Kroasia pada Oktober 2020 kemarin itu nyatanya tak memiliki niatan lebih untuk membela Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini