5 Calon Pelatih Pengganti Josep Guardiola di Manchester City, Nomor 1 bak Nostalgia

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 16 Oktober 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 45 2487365 5-calon-pelatih-pengganti-josep-guardiola-di-manchester-city-nomor-1-bak-nostalgia-ct4RmtXtC7.jpg Berikut 5 calon pelatih pengganti Josep Guardiola di Manchester City. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

JOSEP Guardiola dikenal sebagai pelatih taat kontrak. Juru taktik asal Spanyol itu selalu meninggalkan klub asuhannya ketika kontraknya berakhir. Contoh terbaru ketika Josep Guardiola meninggalkan Bayern Munich pada musim panas 2016.

Saat itu, kontrak Josep Guardiola memang berakhir pada 30 Juni 2016. Karena itu, ketika kontraknya bersama Manchester City berakhir pada 30 Juni 2023, Josep Guardiola diprediksi akan angkat kaki dari Stadion Etihad.

Diprediksi, pelatih yang diburu manajemen Manchester City sebagai pengganti Josep Guardiola, gaya kepelatihannya tak jauh berbeda dengan juru taktik berkepala plontos tersebut. Lantas, siapa saja calon pelatih pengganti Josep Guardiola?

Berikut 5 calon pelatih pengganti Josep Guardiola di Manchester City:

5. Erik Ten Hag (Ajax Amsterdam)

Erik Ten Hag

Gaya sepakbola menyerang diterapkan Erik Ten Hag bersama Ajax Amsterdam. Hanya dalam empat musim, Erik Ten Hag menghadirkan lima trofi untuk Ajax Amsterdam, termasuk dua gelar Liga Belanda.

Setelah berkibar bersama Ajax Amsterdam, sudah waktunya bagi Erik Ten Hag untuk naik level. Semasa menangani Ajax Amsterdam, mantan pelatih Bayern Munich II ini sempat melahirkan sejumlah pesepakbola berbakat seperti Donny van de Beek, Matthis de Ligt hingga Frenkie de Jong.

4. Ernesto Valverde (Tanpa Klub)

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde dikenal pelatih yang akrab dengan gelar juara. Di mana ia pun melatih, klub yang ditangani selalu memenangkan trofi. Klub terakhir yang ditangani Ernesto Valverde adalah Barcelona dan dibawanya meraih dua gelar Liga Spanyol.

Mumpung sedang tak menangani klub mana pun, Ernesto Valverde dapat kapan saja digamit Manchester City. Berhubung pernah menangani Barcelona yang dikenal menganut sepakbola menyerang, Ernesto Valverde pilihan tepat bagi Manchester City?

3. Andrea Pirlo (Tanpa Klub)

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo tak bisa dibilang gagal ketika menangani Juventus musim lalu. Juru taktik asal Italia ini memenangkan trofi Coppa Italia, Piala Super Italia serta membawa si Nyonya Tua finis di zona Liga Champions.

Gaya permainan terbuka yang diandalkan Andrea Pirlo, merupakan daya tarik yang dimiliki pria yang identik dengan brewoknya ini. Jadi, akankah Andrea Pirlo jadi suksesor Josep Guardiola?

2. Julen Lopetegui (Sevilla)

Julen Lopetegui

Julen Lopetegui memang gagal bersama Real Madrid. Namun, juru taktik asal Spanyol ini bersinar saat menangani sejumlah klub dan Tim Nasional.

Ia tercatat membawa Timnas Spanyol U-19 juara Piala Eropa U-19 2012. Setahun berselang, giliran Timnas Spanyol U-21 yang dibawanya menjadi juara Piala Eropa U-21.

Ketika menangani skuad senior Spanyol, Julen Lopetegui, juga gemilang. Dari 20 pertandingan, Timnas Spanyol tidak terkalahkan dengan koleksi 14 menang dan enam imbang. Satu lagi, ia juga membawa Sevilla juara Liga Eropa 2019-2020. Jadi, Lopetegui siap muncul sebagai suksesor Guardiola?

1. Luis Enrique (Timnas Spanyol)

Luis Enrique

Jika menjadi pelatih Manchester City menggantikan Josep Guardiola, kondisi ini bak nostalgia bagi Lucho –sapaan akrab Luis Enrique. Sebab, pada musim panas 2014, Luis Enrique juga sempat menjadi suksesor Josep Guardiola di Barcelona.

Benar, ada jarak dua tahun antara kepergian Josep Guadiola dan kedatangan Luis Enrique. Namun, Luis Enrique saat itu mampu mengikuti pencapaian luar biasa Josep Guardiola bersama Barcelona.

Josep Guardiola pernah membawa Barcelona merebut treble winner pada 2008-2019. Kemudian, Luis Enrique mengikuti jejak Josep Guardiola dengan mengantarkan Barcelona merebut treble winner pada 2014-2015.

Dari sekian nama di atas, mana yang paling cocok menjadi suksesor Guardiola di Manchester City?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini