5 Pemain Bintang yang Bikin Rugi Klub, Nomor 1 Miliki Gaji Rp9,6 Miliar per Pekan

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486488 5-pemain-bintang-yang-bikin-rugi-klub-nomor-1-miliki-gaji-rp9-6-miliar-per-pekan-kjlz0Coeee.jpg Alexis Sanchez saat membela Manchester United. (Foto: Media Manchester United)

KEHADIRAN sejumlah pemain bintang selalu penting bagi setiap klub sepakbola. Sebab, kehadiran mereka dipastikan dapat memberi kontribusi besar ke tim dalam bersaing memperebutkan gelar juara. Tak ayal, nama sederet pemain bintang, seperti Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo, selalu diburu tim.

Tetapi ternyata, tak melulu kehadiran pemain bintang memberi dampak positif kepada tim. Ada beberapa tim elite Eropa yang salah langkah dalam merekrut pemain baru.

BACA JUGA: Top Skor Sepanjang Masa, Cristiano Ronaldo Cetak Gol Ke-800 ke Gawang Liverpool?

Meski sukses dalam berburu pemain bintang, beberapa klub justru menelan kerugian besar. Siapa saja tim yang mengalami hal tersebut? Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Kamis (14/10/2021), berikut 5 pemain bintang yang bikin rugi klub.

BACA JUGA: 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon dOr 2019 yang Kariernya Kini Merosot Tajam, Nomor 1 Rentan Cedera

5. Jonathan Woodgate

Di urutan kelima, ada nama Jonathan Woodgate. Ketika Real Madrid membuat keputusan untuk membeli bek Newcastle, Jonathan Woodgate, pada 2004, banyak orang mempertanyakan langkah tersebut.

Jonathan Woodgate

Kekhawatiran itu pun ternyata segera terbukti. Direkrut dengan mahar sebesar 13 juta poundsterling, Woodgate tidak bisa mendapat jam bermain di sepanjang musim debutnya di Real Madrid. Ketika dipercaya tampil, dia mencetak gol bunuh diri dan mendapatkan kartu merah pada debutnya.

Cedera dan masalah kebugaran membuatnya hanya mendapatkan 14 kali di musim keduanya. Madrid pun sadar telah membuat kesalahan besar dan segera melepasnya ke Middlesbrough. Di sana, Woodgate ternyata kembali bangkit.

4. Bebe

Berikutnya, ada nama Bebe. Alex Ferguson dan para petinggi di Manchester United jarang melakukan kesalahan dalam hal transfer pemain. Tetapi, pengecualian terjadi dalam perekrutan Bebe.

Bebe

Pada Agustus 2010, Bebe direkrut Setam Merah -julukan Man United- dan setahun kemudian, dia dipinjamkan. Pada 2012, Bebe dipinjamkan lagi dan kemudian terjadi lagi pada tahun berikutnya. Akhirnya, pada 2014, Benfica membelinya seharga 3 juta euro, hanya sepertiga dari apa yang telah dibayarkan Man United untuknya.

Bebe hanya berhasil membuat tujuh penampilan di Manchester United selama empat tahun tinggal bersama klub. Selama itu, dia mencetak dua gol.

3. Danny Drinkwater

Chelsea juga pernah melakukan kesalahan kala merekrut Danny Drinkwater. Alasan Chelsea membeli Danny Drinkwater sebenarnya bisa sanga dimengerti karena Leicester City baru saja memenangkan Liga Inggris dan klub-klub sangat ingin membeli pemain terbaik mereka.

Danny Drinkwater

Nama-nama pemain, seperti Drinkwater, NGolo Kante, dan Riyad Mahrez pun jadi buruan. Sementara Kante dan Mahrez terus tampil bersama tim baru mereka, itu tidak terjadi dengan Drinkwater yang dibeli Chelsea seharga 35 juta poundsterling pada 2017.

Tetapi, keputusan Chelsea mendatangkan Drinkwater ternyata salah besar. Di Chelsea, dia hanya bermain di 23 pertandingan selama lima tahun. Dia telah menghabiskan empat musim terakhir dengan status pinjaman. Kehadirannya hanya membuat Chelsea rugi besar.

2. Julien Faubert

Real Madrid kembali mengalami kerugian besar kala mendatangkan Julien Faubert. Di tengah kondisinya yang berjuang besar karena cedera selama musim pertamanya di West Ham, Julien Faubert entah bagaimana masih menjadi pilihan Real Madrid dalam mendatangkan pemain baru.

Julien Faubert

Madrid mendapatkannya dengan status pinjaman. Julien Faubert pun hanya tampil dua kali untuk Real Madrid selama musim 2008-2009 setelah bergabung dengan status pinjaman dari West Ham. Dia pernah melewatkan latihan karena mengira libur dan terlihat tidur di bangku cadangan selama pertandingan Liga Spanyol.

1. Alexis Sanchez

Terakhir, ada nama Alexis Sanchez. Manchester United membuat kerugian besar kala mendatangkan Sanchez dari Arsenal. Hal itu dilakukan tak lama setelah membantu Arsenal meraih dua gelar juara di Piala FA dan Community Shield dalam 3,5 musim di sana.

Alexis Sanchez

Pindah ke Manchester United, mungkin adalah kesalahan terbesar Sanchez. Sebab, dia tidak mampu tampil trengginas kembali dengan terus mencetak gol seperti yang dilakukan bersama Arsenal. Di musim debunya, dia hanya mencetak tiga gol dan dua di musim keduanya.

Akibatnya, Man United meminjamkannya ke Inter Milan dan kemudian dia pindah dengan permanen. Man United benar-benar dirugikan dengan Sanchez karena gajinya yang sangat tinggi, yakni mencapai 500 ribu poundsterling atau Rp9,6 miliar per pekan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini