Share

Profil Ramai Rumakiek: Mutiara Persipura Jayapura Aset Masa Depan Timnas Indonesia

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483400 profil-ramai-rumakiek-mutiara-persipura-jayapura-aset-masa-depan-timnas-indonesia-O65eBZDCFL.jpeg Ramai Rumakiek mencuri perhatian saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Taiwan (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia menang 2-1 atas Taiwan dalam Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Salah satu gol Timnas Indonesia dicetak oleh Ramai Rumakiek.

Nama Ramai Rumakiek pun menjadi bahan perbincangan publik Tanah Air. Bagaiamana tidak, pertandingan kontra Taiwan merupakan debut Ramai Rumakiek untuk Timnas Indonesia.

Ramai Rumakiek (Foto: Twitter/@PSSI)

Meski debut, Ramai Rumakiek tampil apik untuk Timnas Indonesia. Main dari menit pertama di I-Mobile Stadium, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021, malam WIB, pergerakan Ramai Rumakiek hampir selalu menjadi masalah untuk barisan pertahanan Taiwan.

Pergerakan Ramai Rumakiek akhirnya berbuah manis untuk Timnas Indonesia. Berawal dari umpan Miftah Sani dari sisi kanan pertahanan Taiwan, bola mampu diamankan Rumakiek.

BACA JUGA: Dihajar Timnas Indonesia 1-2, Caretaker Taiwan Salahkan Formasi Pelatih Henry Von

Pemain Persipura Jayapura itu menggocek dua pemain bertahan lawan sebelum membobol gawang Taiwan pada menit ke-17. Sayangnya, Ramai Rumakiek tidak main hingga akhir karena tekel keras lawan. Dia pun digantikan Egy Maulana Vikri pada menit ke-27.

Selanjutnya, Evan Dimas mencetak gol kedua Timnas Indonesia pada menit ke-70. Taiwan memperkecil kekalahan mereka berkat gol Heng Ping-shu pada menit ke-90.

Kemenangan itu mencuatkan nama Ramai Rumakiek. Mari mengenal Ramai Rumakiek lebih dekat lagi. Pemain Persipura ini lahir di Jayapura, 19 April 2002.

Ramai Rumakiek memulai karier sepakbolanya dari tim junior Persipura. Setelah dua musim membela Persipura U-19, Ramai Runakiek pun promosi ke tim utama pada 2020.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Namun, dia baru bisa unjuk gigi di Liga 2 2021-2022 karena kompetisi musim lalu terhenti akibat pandemi Covid-19. Saat debut untuk Persipura, Ramai Rumakiek mencetak gol ke gawang Persita Tangerang yang sayangnya tidak membuahkan kemenangan. Persipura justru takluk 1-2.

Ramai Rumakiek belum mencetak gol lagi untuk Persipura. Akan tetapi, penampila Ramai Rumakiek di Liga 1 sejauh ini meyakinkan Pelatih Shin Tae-yong untuk memanggilnya ke Timnas Indonesia. Dia pun diharapkan fit untuk leg II kontra Taiwan pada Senin 11 Oktober 2021, malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini