Share

Dihajar Timnas Indonesia 1-2, Caretaker Taiwan Salahkan Formasi Pelatih Henry Von

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483392 dihajar-timnas-indonesia-1-2-caretaker-taiwan-salahkan-formasi-pelatih-henry-von-rsLEbGp19u.jpg Timnas Taiwan. (Foto: Instagram/CTFA.football)

BURIRAM – Caretaker Tim Nasional (Timnas) Taiwan, Yeh Hsien-chung menyalahkan formasi yang dipakainya saat dikalahkan Timnas Indonesia 1-2 di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Ia menyebut formasi itu bukan murni dari buah pikirannya melainkan memakai taktik mantan pelatih TImnas Taiwan, Henry Von.

Sebagaimana diketahui, Henry Von menukangi tim tersebut sejak 2020 harus dipecat jelang laga melawan Indonesia. Tak hanya Henry Von, empat pemain Timnas Taiwan juga dipecat.

Empat pemain Taiwan didepak dari timnas karena ketahuan mabuk-mabukan dan melanggar protokol kesehatan. Sementara Von dipecat karena membiarkan kejadian itu terjadi dan tidak melapor ke pihak Federasi Sepakbola Taiwan.

Baca Juga: Trio Debutan Ini Tampil Manis di Laga Timnas Indonesia vs Taiwan, Shin Tae-yong Akui Puas

Timnas Indonesia vs Taiwan (PSSI)

Belum selesai dengan permasalahan tersebut, Taiwan harus menghadapi Indonesia pada Kamis 7 Oktober 2021 kemarin. Mereka pun harus menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Yeh Hsien-chung mengaku belum menemukan taktik versinya sendiri karena kabar pemecatan sang pelatih terbilang mendadak. Akhirnya, ia menggunakan taktik seperti laga sebelumnya saat melawan Kuwait pada 16 Juni 2021 lalu.

"Sejak Kuwait, kami selalu memainkan formasi ini. Jadi tidak ada cara untuk membuat terlalu banyak perubahan dalam waktu singkat. Kami hanya dapat membuat beberapa konfigurasi taktis untuk lawan,” ucap Yeh dikutip dari laman China Times pada Jumat (8/10/2021).

Sekadar informasi, dalam laga melawan Kuwait tersebut, Taiwan juga mengalami kekalahan. Saat itu adalah ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Taiwan kalah dengan skor 1-2.

Saat itu, pelatih Von menggunakan formasi 5-4-1 dengan mengandalkan Li Xiangwei sebagai penyerang tunggal. Di laga melawan Indonesia, Yeh Hsien-chung sempat kebingungan dengan mengganti formasi tersebut menjadi 3-4-3 di tengah laga.

Timnas Indonesia vs Taiwan (PSSI)

Diprediksi pencarian gaya permainan sendiri bagi sang caretaker masih berlangsung pada leg kedua pada 11 Oktober 2021 mendatang. Meski begitu, mereka memiliki modal bagus karena punya gol tandang.

Sementara Indonesia masih diunggulkan dengan kematangan skuadnya. Apalagi kemenangan melawan Taiwan di leg 1 merupakan pertama kali semenjak Shin Tae-yong membesut skuad itu.

Menarik tentunya melihat apa yang bisa dilakukan caretaker Taiwan tersebut saat di leg kedua nanti. Indonesia pastinya harus tetap waspada dengan kejutan yang dibawa pelatih pengganti Henry Von tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini