Share

Profil Ricky Kambuaya: Pemain Persebaya Surabaya yang Ukir Debut Manis Bersama Timnas Indonesia

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483309 profil-ricky-kambuaya-pemain-persebaya-surabaya-yang-ukir-debut-manis-bersama-timnas-indonesia-GfQIytKR6n.jpg Ricky Kambuaya tampil bagus untuk Timnas Indonesia (Foto: Laman resmi Persebaya Surabaya)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia menuai hasil manis saat melawan Taiwan dalam Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia menang tipis 2-1 atas sang lawan.

Pertandingan itu pun mencuatkan satu nama ke permukaan, yaitu Ricky Kambuaya. Gelandang Persebaya Surabaya itu tampil apik di lini tengah Timnas Indonesia. Padahal, itu merupakan penampilan pertamanya di Timnas Indonesia.

Ricky Kambuaya (Foto: Twitter/@persebayaupdate)

Pemain berumur 25 tahun itu melakukan tiga kali intersep untuk memutus penyerangan Taiwan. Ricky juga melepaskan 44 umpan sukses dalam pertandingan yang berlangsung di I-Mobile Stadium, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021, malam WIB itu.

Sayangnya, Ricky tidak bisa menyelesaikan pertandingan semalam. Sebab, dia menderita cedera sehingga ditarik keluar pada pertengahan babak kedua.

BACA JUGA: Trio Debutan Ini Tampil Manis di Laga Timnas Indonesia vs Taiwan, Shin Tae-yong Akui Puas

Meski begitu, statistik Ricky dalam pertandingan semalam menunjukkan kelihaiannya. Sebagai gelandang tengah, Rickky tidak hanya lihai bertahan, tetapi juga berkontribusi dalam serangan Timnas Indonesia.

Performa apik Kambuaya semalam merupakan buah jerih payahnya selama ini. Pemuda kelahiran Sorong, Papua, 5 Mei 1996 itu memulai karier sepakbolanya di Pro Duta pada 2015.

Selanjutnya, Ricky bermain untuk PS Mojokerto Putra pada 2017-2019. Bersama PS Mojokerto, Ricky mencatatkan 16 gol dalam 45 penampilan.

Ricky Kambuaya latihan (Foto: PSSI)

Ricky kemudian bermain untuk PSS Sleman pada 2019-2020, tetapi dia gagal mencetak gol dalam 14 penampilannya. Selanjutnya, Ricky bergabung ke Persebaya pada 2020 silam.

Sejak itu, performa Ricky meningkat. Di Liga 1 2021-2022, Ricky sudah mencetak tiga gol untuk Persebaya. Penampilan apik itu yang mengatarkan Ricky untuk membela Timnas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini