Logo Piala Eropa 2024 Resmi Dirilis UEFA dengan Corak Penuh Warna, Apa Maknanya?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 51 2481880 logo-piala-eropa-2024-resmi-dirilis-uefa-dengan-corak-penuh-warna-apa-maknanya-P8MEQ50otC.jpg Peluncuran logo Piala Eropa 2024 di Berlin, Jerman. (Foto/Twitter UEFA)

BERLIN Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah resmi merilis logo Piala Eropa 2024, Rabu (6/10/2021) dini hari WIB. Peluncuran logo berlangsung di Kota Berlin, Jerman, salah satu tempat yang akan menjadi tuan rumah ajang akbar tersebut.

Peresmian itu berlangsung dengan bentuk pertunjukkan cahaya spektakuler di Olympiastadion, Berlin. Beragam warna dan bentuk cahaya yang menari di seluruh badan stadion diabadikan dalam video singkat yang diunggah di akun resmi UEFA. 

Foto/Twitter

Dikutip laman resmi UEFA, slogan dari logo ini adalah “United by Football” atau “disatukan oleh Sepak Bola” dan juga “Vereint im Herzen Europas” dari bahasa Jerman yang berarti “bersatu di jantung Eropa”.

Baca juga: Presiden UEFA Ejek Real Madrid, Juventus, dan Barcelona yang Tetap Ikut Liga Champions

Dengan adanya slogan ini semakin memperkuat pesan persatuan, kebersamaan dan inklusi. Ini adalah slogan yang sama seperti yang digunakan dalam proses tender dan dipilih bersama dengan kota-kota tuan rumah.

Sekadar informasi, turnamen ini akan diadakan di sepuluh kota di Jerman dalam waktu kurang dari tiga tahun. Kota-kota itu adalah Berlin, Cologne, Dortmund, Düsseldorf, Frankfurt, Gelsenkirchen, Hamburg, Leipzig, Munich dan Stuttgart.

Logo tersebut terinspirasi dari 55 bendera asosiasi anggota UEFA dan warnanya. Bentuk itu dirangkai dalam berbagai kombinasi, yang mencerminkan bentuk atap Olympiastadion.

Piala Henri Delaunay yang terkenal ditampilkan di tengah logo. Sedangkan 24 irisan berwarna di sekeliling piala mewakili 24 tim peserta Piala Eropa.

Logo ini mempromosikan Piala Eropa di mana semua orang merasa diterima dan berhak merayakan keragaman. Sepak bola adalah tempat di mana setiap orang harus merasa di rumah dan logo adalah langkah pertama untuk mewujudkan itu di Jerman untuk Piala Eropa 2024.

Foto/Twitter

"Sangat menyenangkan melihat logo UEFA EURO 2024 menjadi hidup di Olympiastadion yang ikonik. dan kota tuan rumah: EURO yang benar-benar untuk semua orang. Selama satu bulan, kita akan bersatu oleh sepak bola di jantung Eropa,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin yang hadir langsung di acara peluncuran tersebut.

Sebanyak 51 pertandingan Piala Eropa 2024 akan diadakan di sepuluh tempat tuan rumah di Jerman pada bulan Juni hingga Juli 2024. Jadwal pertandingan lengkap akan dikonfirmasi pada awal 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini