Singapura Resmi Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 51 2478294 singapura-resmi-jadi-tuan-rumah-piala-aff-2020-zAWeep2cw5.jpg Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Kamboja dan Laos. (Foto/PSSI)

SINGAPURA – Singapura secara resmi menjadi tuan rumah Piala AFF 2020 yang akan dilangsungkan pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang. Pengumuman disampaikan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) melalui akun media sosial.

Pengumuman ini disampaikan secara langsung melalui akun twitter resmi AFF (@AFFPresse) pada Selasa (28/9/2021) malam WIB. Dalam pernyataan resminya, Presiden AFF, Khiev Sameth mengatakan pemilihan Singapura sebagai tuan rumah sudah melalui berbagai pertimbangan.

Baca juga: Pelatih Filipina di Piala AFF 2020: Satu-satunya Perbedaan Adalah Timnas Indonesia

“Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah AFF Suzuki Cup 2020 mendatang. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih di antara mereka,” kata Sameth dikutip dari situs resmi AFF, Selasa (28/9/2021).

Foto/PSSI

“Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran,” sambungnya.

Baca juga: Kacau! Timnas Indonesia Diremehkan Pelatih Thailand, Diprediksi Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

“Sekarang, dengan keputusan yang dibuat, kami dapat memfokuskan upaya kami untuk bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut dipentaskan dengan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepakbola dan semangat para penggemar ASEAN,” sambungnya lagi.

Sebagaimana diketahui, format turnamen ini akan berbeda dengan sebelumnya di mana melibatkan banyak negara sebagai tuan rumah Piala AFF. Singapura akan menjadi tuan rumah mandiri, hal ini tidak terlepas dari pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 di berbagai negara Asia Tenggara.

Namun, tidak ada perubahan dalam format kompetisi utama. Setiap tim tetap akan memainkan empat pertandingan round robin di fase grup, sementara semifinal dan final akan dipertandingkan dalam dua leg.

Sementara itu, Presiden Asosiasi Sepakbola Singapura, Lim Kia Tong menyampaikan rasa terima kasihnya telah mempercayakan Singapura sebagai tuan rumah. Ia juga akan menjamin turnamen akan berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Foto/PSSI

“Dengan rendah hati telah dipilih oleh AFF sebagai tuan rumah terpusat untuk Piala Suzuki AFF yang bergengsi mulai bulan Desember,” kata Lim Kia Tong.

“Kami tidak diragukan lagi berterima kasih atas kesempatan emas ini dan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh AFF. Kerja keras dimulai dari sekarang dan kami akan melakukan segala daya kami,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini