Pelatih Filipina di Piala AFF 2020: Satu-satunya Perbedaan Adalah Timnas Indonesia

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Senin 27 September 2021 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 51 2477785 pelatih-filipina-di-piala-aff-2020-satu-satunya-perbedaan-adalah-indonesia-lRDAqJ3gYs.jpg Timnas Indonesia tidak segrup dengan Filipina di Piala AFF 2020 (Foto: PSSI)

MANILA Piala AFF 2020 akan segera segera dimulai pada akhir tahun ini. Turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara itu pun menarik perhatian beberapa pihak, termasuk Pelatih Filipina, Scott Cooper.

Pelatih asal Britania Raya itu menganggap hasil undian grup Piala AFF 2020 seperti ulangan edisi 2018. Cooper beranggapan, bahwa ketidakhadiran Tim Nasional (Timnas) Indonesia di grupnya merupakan satu-satunya pembeda.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Seperti diketahui, Grup A Piala AFF 2020 diisi oleh Filipina, Thailand, Singapura, Myanmar, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam vs Timor Leste. Sementara itu, Grup B diisi oleh Indonesia, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Pada edisi 2018, Indonesia dan Filipina sama-sama tergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, dan Timor Leste. Meski disebut hampir serupa, Cooper meyakini hal tersebut akan menjadi lebih menarik untuk diikuti.

BACA JUGA: Kacau! Timnas Indonesia Diremehkan Pelatih Thailand, Diprediksi Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

“Saya pikir sejauh ini undian itu menarik, saya tidak pernah ingin mengatakan bahwa saya senang dengan undian itu, tetapi saya tidak kecewa dengan undian itu,” ujar Cooper, dikutip dari Manila Bulletin, Senin (27/9/2021).

“Saya kira kita ambil bagaimana dan ironisnya terakhir kali kami bermain di Suzuki Cup. Kami memiliki Singapura, Timor Leste yang bisa berada di sana, dan Thailand, dengan satu-satunya perbedaan adalah Indonesia yang ada di grup lain. Ini hampir seperti ulangan 2018. Ini menarik,” imbuhnya.

Meski begitu, Cooper kini lebih fokus untuk menghadapi lawan yang akan dihadapinya di Grup A. Mantan pelatih Mitra Kukar itu menyebut Thailand merupakan lawan terkuat, tetapi dirinya juga tidak mau lengah pada tim lainnya.

“Anda harus melihat Thailand sebagai tim terkuat di Grup (A). Namun Singapura juga selalu terorganisir dengan baik dan Myanmar juga memiliki bakat, selain itu juga akan ada Brunei dan Timor Leste yang bertarung,” ucapnya.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

“Yang pasti, Thailand akan menjadi tim teratas di grup, anda dapat mengharapkan itu. Ini menarik bagi saya karena saya mengenal Thailand dengan baik dan juga para pemainnya,” tutur Cooper.

Piala AFF 2020 ini harus tertunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19. Namun, turnamen tersebut dijadwalkan akan bergulir pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Hingga kini, tuan rumah Piala AFF 2020 masih belum ditentukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini