Tuchel Beberkan Penyebab Utama Chelsea Tak Berdaya Hadapi Man City

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 45 2477013 tuchel-beberkan-penyebab-utama-chelsea-tak-berdaya-hadapi-man-city-iHnjVnSHdr.JPG Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. (Foto: Reuters)

LONDON Chelsea harus mengakui kekuatan Manchester City ketika kedua tim berjumpa di Stadion Stamford Bridge pada laga pekan keenam Liga Inggris 2021-2022, Sabtu 25 September 2021 malam WIB. Menurut pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, timnya bisa kalah 0-1 karena dirinya yang telah salah menentukan starting 11 di laga tersebut.

Tuchel menyebut dirinyalah yang menjadi penyebab utama The Blues dipermalukan Man City di kandang sendiri. Tuchel merasa telah salah memilih 11 pemain pertama yang turun pada saat melawan The Citizens tersebut.

Tuchel melihat Chelsea kekurangan pemain segar saat menghadapi Man City. Setidaknya ada dua pemain yang seharusnya dicadangkan, malah justru dimainkan.

Baca Juga: 5 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia saat Ini, Nomor 1 Bukan Tempat Lionel Messi Menimba Ilmu

Chelsea vs Man City

Kedua pemain itu adalah NGolo Kante dan Jorginho. Menurut Tuchel, Kante dan Jorginho sedang dalam keadaan yang kurang fit saat menjamu skuad asuhan Josep Guardiola tersebut.

Kante disebut Tuchel sedang sakit dalam beberapa hari terakhir. Sementara Jorginho mengalami beberapa masalah, tapi nyatanya pemain asal Italia tersebut dan Kante tetap dimainkan sejak awal.

Tentunya Tuchel mengira Kante dan Jorginho dibutuhkan untuk menghadapi lini tengah Man City yang kuat. Namun, keadaan Kante dan Jorginho yang kurang fit ternyata membuat kekuatan Chelsea tak bisa maksimal.

Andai saja Kante dan Jorginho sejak awal diistirahatkan dan diganti dengan pemain tengah yang masih bugar, maka Tuchel merasa mungkin hasilnya Chelsea tak dikalahkan Man City 0-1. Jadi, Tuchel merasa kekalahan Chelsea murni kesalahan dirinya yang tak tepat menentukan starting 11.

“Menurut saya, kami kekurangan pemain yang bugar pada laga hari ini. Kante telah sakit selama beberapa hari dan saya justru memutuskan untuk membiarkan dia bermain sejak awal,” kata Tuchel, mengutip dari laman resmi Chelsea, Minggu (26/9/2021).

“Jorginho juga memiliki beberapa masalah dan Thiago Silva tidak bisa menjadi starter. Jadi, mungkin hari ini saya yang tidak membuat pilihan terbaik dalam hal itu (menentukan starting 11 Chelsea),” tambahnya.

Chelsea vs Man City

Untuk masalah formasi, Tuchel merasa taktik 3-5-2 yang ia terapkan tak bisa disalahkan. Sebab menurutnya, apa pun formasi yang dipakai, yang terpenting adalah para pemain harus bisa beradaptasi dengan baik.

Sayangnya, Chelsea yang kekurangan pemain bugar itu tak bisa beradaptasi dengan cepat dengan gaya permainan Man City. Gara-gara hal tersebut The Blues tak bisa tampil maksimal dan harus rela kalah 0-1 di Stamford Bridge.

“Kami memutuskan menggunakan formasi 3-5-2. Tetapi saya tidak berpikir ini masalah struktur formasi yang dipakai melawan City yang menjadi masalah, ini tentang keputusan dan beradaptasi dengan ruang yang dimiliki lawan,” tutup Tuchel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini