5 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia saat Ini, Nomor 1 Bukan Tempat Lionel Messi Menimba Ilmu

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 51 2477007 5-akademi-sepakbola-terbaik-di-dunia-saat-ini-nomor-1-bukan-tempat-lionel-messi-menimba-ilmu-erc03tUheI.jpg 5 akademi sepakbola terbaik di dunia saat ini (Foto: Reuters)

SEBUAH tim tidak hanya mendapatkan pemain bintang dari bursa transfer, tetapi juga dari akademinya sendiri. Semua klub besar Eropa punya akademi yang mendidik para talenta muda yang siap berkompetisi di dunia profesional.

Beberapa akademi sudah memiliki nama besar karena kerap menelurkan pemain-pemain berkualitas. Berikut lima akademi sepakbola terbaik di dunia saat ini, melansir dari Sportskeeda, Minggu (26/9/2021).

5. Paris Saint-Germain (PSG)

Kingsley Coman (Foto: Twitter/@FCBayernEN)

Daftar ini akan dimulai dari raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Akademi PSG mulai menelurkan pemain-pemain hebat dalam beberapa musim terakhir ini yang tersebar di sepakbola Eropa.

Kingsley Coman (Bayern Munich), Mike Maignan (AC Milan), dan Matteo Guendouzi (Marseille) adalah beberapa nama yang kini menjadi tumpuan tim masing-masing. PSG mungkin terkenal sebagai klub kaya yang gemar mengumpulkan para pemain bintang, tetapi mereka juga punya akademi sepakboal jempolan.

4. Benfica

Joao Felix (Foto: Reuteres)

Jika Prancis punya PSG, Portugal memiliki Benfica yang juga kerap memproduksi pemain-pemain muda berkualitas. Produk akademi Benfica kini tersebar di klub-klub top Eropa.

Manchester City memiliki beberapa pemain bintang yang merupakan jebolan akademi Benfica. Mereka adalah Ederson Moraes, Bernardo Silva, Joao Cancelo, dan Ruben Diaz. Joao Felix (Atletico Madrid) dan Victor Lindelof (Manchester United) juga merupakan jebolan akademi Benfica.

3. Ajax Amsterdam

Frenkie de Jong (Foto: Reuters)

Ajax Amsterdam sudah sejak lama dikenal memiliki akademi sepakbola yang bagus. Legenda-legenda sepakbola dunia banyak yang berasal dari akademi Ajax. Jebolan akademi Ajax yang tengah naik daun saat ini adalah Frenkie de Jong (Barcelona) dan Matthijs de Ligt (Juventus).

2. Barcelona

Ansu Fati (Foto: Reuters)

Barcelona memiliki La Masia yang menggodok para talenta muda untuk menjadi bintang di masa depan. Jebolan La Masia bahkan membantu Barcelona mendominasi Spanyol dan Eropa beberapa musim lalu.

Lionel Messi (PSG) adalah jebolan akademi La Masia yang paling sukses karena mampu meraih enam trofi Ballon dOr. Sementara itu, jebolan La Masia yang kini mencuri perhatian adalah Ansu Fati.

1. Chelsea

Mason Mount (Foto: Reuters)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Chelsea. Akademi The Blues dapat dikatakan lebih sukses ketimbang La Masia dalam beberapa musim terakhir ini.

Sebagian jebolan akademi Chelsea kini menjadi tulang punggung The Blues, seperti Reece James dan Mason Mount. Mereka dan Tammy Abraham, yang kini membela AS Roma, membantu Chelsea juara Liga Champions musim lalu dan Piala Super Eropa 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini