5 Pemain Keturunan yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Nomor 1 Jaminan Gol

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 51 2476463 5-pemain-keturunan-yang-bisa-perkuat-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-nomor-1-jaminan-gol-N0HMldEvDr.jpg Kevin Diks (tengah), bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020? (Foto: Instagram/@kevindiks2)

SEJUMLAH pemain keturunan bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang dilangsungkan dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Namun, pemain-pemain keturunan ini bisa memperkuat Timnas Indonesia jika memenuhi satu syarat, yakni mendapat panggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Seperti yang pernah diungkap Sekjen PSSI, Yunus Nusi, pemanggilan pemain keturunan berdasarkan kebutuhan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) dan pelatih Timnas Indonesia. Jika tidak ada rekomendasi dari Indra Sjafri dan Shin Tae-yong, PSSI takkan bergerak untuk menaturalisasi si pemain.

Shin Tae-yong

(Maukah Shin Tae-yong panggil Kevin Diks dan kawan-kawan? (Foto: PSSI)

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasikan pelatih dan direktur Teknik. Bukan kebutuhan PSSI, pengamat atau netizen. Selama pelatih tidak memberikan rekomendasi, apa yang harus PSSI naturalisasi?,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

Namun, jika pun mendapat panggilan, tak ada jaminan si pemain bakal dilepas sang klub. Sebab, jadwal Piala AFF 2020 berbarengan dengan kompetisi sepakbola di Eropa. Meski begitu, tak ada salahnya usaha lebih dulu ketimbang tak sama sekali.

Berkut 5 pemain keturunan yang bisa perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020:

5. Shayne Pattynama (Viking FK)

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama yang kini bermain bersama Viking FK di Liga Norwegia, pernah mengutarakan keinginannya membela Timnas Indonesia. Jelas, kehadiran pemain bertinggi badan 180 sentimeter ini di sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia sangatlah dibutuhkan.

Sebab, Shayne Pattynama tak hanya kukuh dalam bertahan, namun juga dapat diandalkan untuk menyerang. Terbukti musim bersama Viking FK, Shayne Pattynama mengemas satu gol dan empat assist dari 14 laga Liga Norwegia 2021-2022.

4. Elkan Baggott (Ipswich Town U-23)

Elkan Baggott

Sempat menolak gabung Timnas Indonesia pada Juni 2021, bukan berarti Elkan Baggott tak lagi tertarik membela skuad Garuda. Sekjen PSSI Yunus Nusi sempat mengatakan bahwa komitmen Elkan Baggott untuk Timnas Indonesia masih sama.

Tentu kehadiran Elkan Baggott merupakan suntikan tenaga luar biasa bagi Timnas Indonesia. Dengan tinggi badannya yang menjulang mencapai 196 sentimeter, Elkan Baggott dapat diandalkan dalam duel-duel udara.

3. Sandy Walsh (KV Mechelen)

Sandy Walsh

Kehadiran Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, membuat sisi pertahanan Timnas Indonesia dijamin kuat, baik dalam menyerang maupun bertahan. Sama seperti Shayne, Sandy Walsh yang biasa mentas sebagai fullback kanan juga piawai membangun serangan.

Terbukti bersama sang klub yang mentas di Liga Belgia, KV Mechelen, Sandy Walsh sanggup mengoleksi tiga assist dari delapan pertandingan. Jumlah itu masih terus bertambah, mengingat pemain 26 tahun ini masih jadi andalan KV Mechelen hingga kini.

2. Kevin Diks (FC Copenhagen)

Kevin Diks

Sama seperti Sandy Walsh, Kevin Diks juga mentas sebagai fullback kanan. Bedanya, Kevin Diks yang bermain untuk klub kasta teratas Liga Denmark, FC Copenhagen, tampil jauh lebih agresif.

Terbukti dari 17 penampilan bersama FC Copenhagen musim ini, Kevin Diks mengoleksi lima gol dan tiga assist. Biasa bermain di level elite Eropa membuat Kevin Diks diprediksi menggila jika dipercaya membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

1. Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles)

Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen musim lalu mentas bersama klub kasta kedua Liga Belanda, Cambuur SC. Tampil dalam 23 pertandingan di semua kompetisi, Ragnar Oratmangoen mengemas sembilan gol.

Koleksi Sembilan gol sudah cukup membuat Ragnar Oratmangoen diboyong klub kasta teratas Liga Belanda, Go Ahead Eagles, pada musim panas 2021.

Sejauh ini dari enam penampilan Liga Belanda 2021-2022, Ragnar Oratmangoen belum mencetak gol. Namun, melihat kelincahan Ragnar Oratmangoen di sisi sayap, hanya masalah waktu bagi Ragnar Oratmangoen untuk membuka keran gol maupun assist. Jadi, dari sekian nama di atas, pemain mana yang paling Anda harapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini