Dikritik Pelatih PSM Makassar soal Metode Latihan, Begini Respons Shin Tae-yong

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 20 September 2021 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 51 2474261 dikritik-pelatih-psm-makassar-soal-metode-latihan-begini-respons-shin-tae-yong-xv7Uh2CfY7.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, bereaksi terkait kritikan dari juru taktik PSM Makassar, Milomir Seslija, soal metodenya dalam melatih. Mendapati hal tersebut, Shin Tae-yong pun memberi balasan.

Sebelumnya diketahui, kritikan Milomir Seslija berawal dari tidak adanya pemain PSM yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia. Dari situ, Milo -sapaan akrab Milomir Seslija- pun kemudian mengkritik program latihan yang diberikan tim pelatih Timnas Indonesia.

Milomir Seslija

Pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina itu menilai tim pelatih Timnas Indonesia hanya berfokus pada latihan fisik yang menurut Milo itu tidak benar. Karena menurutnya, fisik pemain Indonesia sebenarnya sudah cukup bagus.

BACA JUGA: Untuk 36 Pemain yang Dipanggil TC Timnas Indonesia, Ketum PSSI Minta Hasil Maksimal

Selain itu, Milo juga mempertanyakan cara tim pelatih Timnas Indonesia dalam pemilihan pemain. Pasalnya, dia menyayangkan tidak ada satu pun anak asuhnya yang dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Panggil 36 Pemain, TC Timnas Indonesia Mulai Digelar Hari Ini

Atas kritikan mantan pelatih Arema FC tersebut, Shin Tae-yong pun menjawab melalui akun Instagram pribadi miliknya. Pelatih asal Korea Selatan itu menghormati pandangan Milo, namun baginya, progam yang dijalankan sudah benar.

"Kepada Coach Milo (PSM Makassar), terima kasih atas pendapatnya. Menurut saya sepakbola itu sangat dibutuhkan fisik dasar. Saya menilai para pemain Indonesia pasti akan menjadi jauh lebih baik, jika para pemain dapat meningkatkan fisik," tulis Shin dalam akun Instagram pribadinya, Senin (20/9/2021).

"Kemampuan individu para pemain Indonesia sangat baik, tetapi jika meningkatkan kemampuan fisik, pasti sepakbola Indonesia akan menjadi lebih kuat," sambungnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

"Sekali lagi terima kasih atas pendapat yang diberikan oleh Coach Milo. Semoga tim atau klub Coach Milo menjadi lebih baik dan kuat," tutupnya.

Pihak PSSI memang baru saja mengumumkan daftar pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Ada 36 pemain yang dipanggil dan kini tengah menjalani pemusatan latihan di Jakarta.

TC ini digelar untuk mempersiapkan diri guna tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Taiwan pada Oktober 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini