Jelang Man City vs Southampton, Guardiola: Kami Tak Butuh Striker

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 45 2473194 jelang-man-city-vs-southampton-guardiola-kami-tak-butuh-striker-ax76HAvd8b.JPG Josep Guardiola memberi arahan kepada Phil Foden. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Setiap kali Manchester City menelan hasil buruk, banyak pihak yang menilai penyebab utamanya karena tim tersebut tak memiliki striker andal di lini depan. Namun, menurut sang pelatih, Josep Guardiola, Man City tak memerlukan striker jika bisa bermain secara kolektif.

Bagi Guardiola, yang terpentin adalah Man City bisa bermain secara tim. Jika saja permainan tim Man City berjalan baik, ia merasa gol bisa datang dari mana saja.

Seperti pada matchday pertama Grup A Liga Champions 2021-2022 pada Kamis 16 September 2021, Nathan Ake yang merupakan seorang bek bisa mencetak gol melalui skema permainan set piece. Contoh Ake yang bisa mencetak gol menjadi bukti bahwa Man City sebenarnya bisa mencetak dari segala sisi.

Baca Juga: 3 Hari Setelah sang Ayah Meninggal, Nathan Ake Dipaksa Main di Laga Man City vs Southampton

Pemain Manchester CIty

Berkat pemahamam Guardiola itu, Man City pun sejauh ini bisa menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak di Liga Inggris 2021-2022. Man City tepatnya sudah menciptakan 11 gol, sama seperti yang dilakukan Manchester United.

Hal itu sekali membuktikan bahwa sekali pun Man City bermain tanpa penyerang murni, mereka bisa menciptakan banyak gol. Inti dari semua itu adalah semua pemain Man City harus kompak bermain, terutama saat menyerang.

“Ketika kami kalah dalam pertandingan, orang akan mengatakan kami membutuhkan seorang striker. Padahal yang perlu kami lakukan adalah bermain lebih baik dan kami bisa bermain lebih baik,” terang Guardiola, melansir dari laman resmi Man City, Sabtu (18/9/2021).

“Kami tahu kami tidak memiliki pemain (striker) untuk mencetak 25 gol. Jadi, kami harus melakukannya sebagai sebuah tim,” lanjut pelatih asal Spanyol tersebut.

“Nathan Ake mencetak gol dari bola mati, yang sangat penting bagi kami. Kami akan mencoba lagi bermain seperti itu besok saat melawan tim yang sangat tangguh,” tambahnya.

Josep Guardiola

Man City sendiri bukan tak punya penyerang murni. Mereka masih memiliki Gabriel Jesus yang merupakan satu-satunya striker yang mereka miliki saat ini.

Sebelumnya Man City berencana mendatangkan Harry Kane dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2021. Namun, Tottenham nyatanya enggan melepaskan striker andalannya tersebut dan rencana memboyong Kane pun gagal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini