Gara-Gara Tak Bisa Lepas Pemain Brasil saat Jeda Internasional, Jurgen Klopp Kesal Liverpool Kena Hukuman

Rio Erfandi, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 45 2469588 gara-gara-tak-bisa-lepas-pemain-brasil-saat-jeda-internasional-jurgen-klopp-kesal-liverpool-kena-hukuman-iaeUrSitR7.jpg Jurgen Klopp kesal terancam tidak bisa mainkan pemain asal Brasil. (Foto/Reuters)

LIVERPOOL – Gara-gara tak bisa melepas pemain asal Brasil saat jeda internasional, membuat Jurgen Klopp kesal. Pasalnya, Liverpool terkena hukuman dampak aturan yang dibuat operator Liga Inggris tersebut.

Liverpool akan bertandang ke markas Leeds United pada laga pekan keempat Liga Inggris musim 2021-2022 di Stadion Elland Road, pada Minggu (12/9/2021) malam WIB. Namun, Liverpool tak bisa diperkuat para pemain yang berasal dari Brasil.

Foto/Reuters

Sebagaimana diketahui, Asosiasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengajukan permintaan kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk memberikan sanksi kepada beberapa pemainnya yang dilarang oleh klub Liga Inggris untuk membela negaranya di masa jeda internasional. Keputusan itu dibuat lantaran CBF kesal dengan klub-klub Liga Inggris tersebut.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris 2021-2022 Pekan Ini: Cristiano Ronaldo Berpeluang Debut hingga Leicester vs Manchester City

Berdasarkan aturan FIFA sendiri, klub memang diharuskan melepas para pemain yang mendapat panggilan Tim Nasional. Akan tetapi, hukuman akan diterima oleh klub jika menolak melepasnya. Nantinya para pemain tersebut tidak diperbolehkan bermain selama lima hari.

Baca juga: Baru Rilis, Jersey Ketiga Liverpool Musim 2021-2022 Jadi Bahan Ejekan Netizen

Di sisi lain, keputusan klub Liga Inggris menolak melepas pemainnya ke Brasil karena berkaitan dengan aturan Covid-19. Sebab setiap orang yang memasuki negara Inggris dari zona merah Covid-19 harus mengikuti aturan karantina mandiri selama 10 hari yang telah dibuat oleh pemerintah Inggris.

Karena aturan itulah, klub-klub Liga Inggris merasa dirugikan jika melepas para pemainnya ke negara-negara zona merah, salah satunya Brasil. Liverpool sendiri memiliki tiga pemain asal Brasil, Alisson Becker, Roberto Firmino dan Fabinho. Liverpool pun tidak melepas mereka ke Brasil, terutama Alisson dan Fabinho karena Firmino tengah cedera. 

Tetapi, nasi sudah menjadi bubur. Klopp tidak akan diperkuat Alisson dan Fabinho saat bertandang ke Leeds United. Bahkan Klopp sendiri merasa kesal karena keputusan Liverpool tidak melepas pemainnya pergi ke Brasil sejatinya sudah benar. 

Foto/Reuters

Menurutnya, CBF dan FIFA tidak mempunyai dasar yang kuat untuk memberi sanksi kepada pemain Brasil. Ia juga menilai keputusan tersebut sangat tidak adil. 

“Hal yang ingin saya katakan tentang itu adalah, mari kita lihat kasus selengkapnya. Jadi, kita semua tahu kita berada di tengah pandemi, yang sulit untuk semua bagian kehidupan dan untuk sepak bola juga sulit,” ucap Klopp, dilansir dari Goal Internasional, Jumat (10/9/2021). 

“Jadi saya tidak tahu apa yang akan terjadi di akhir pekan, jujur. Pada saat ini, kami harus melihat apa yang diputuskan orang lain dan kemudian kami akan menerimanya lagi, melakukan apa yang orang katakan kepada kami dan mencoba memenangkan permainan sepakbola,” imbuhnya. 

Meski begitu, Liverpool bukan satu-satunya tim yang terkena dampak ini. Dua penggawa Manchester City yakni Gabriel Jesus dan Ederson juga akan absen dari laga melawan Leicester. Lalu, Manchester United akan tanpa Fred ketika bertandang ke Newcastle. Sedangkan Chelsea akan kehilangan Thiago Silva saat berjumpa Aston Villa. 

Sementara itu, Liverpool menjalani tiga pertandingan Liga Inggris musim ini dengan torehan yang sangat bagus. Mereka berhasil memenangkan dua pertandingan dan satu kali hasil seri. Pada pertandingan terakhir, The Reds –julukan Liverpool- ditahan imbang dari lawannya Chelsea. Saat ini Liverpool menempati posisi 5 klasemen sementara Liga Inggris 2021/2022 dengan torehan 7 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini