Sergio Aguero Menyusul, Patung Kompany dan David Silva Dipajang Man City Akhir Pekan Ini

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 45 2459773 sergio-aguero-menyusul-patung-kompany-dan-david-silva-dipajang-man-city-akhir-pekan-ini-lgaYP4m9rZ.jpg Vincent Kompany, David Silva, dan Sergio Aguero kala masih membela Manchester City. (Foto: Reuters)

MANCHESTER Manchester City akan memberi penghormatan kepada sejumlah pemain legendanya pada akhir pekan ini. Penghormatan itu berupa memasang patung dua pemain Man City, yakni Vincent Kompany dan David Silva.

Sebagaimana diketahui, Vincent Kompany dan David Silva sudah meninggalkan Man City sejak beberapa musim lalu. Lantaran kedua pemain ini sudah memberi kontribusi besar kepada klub, Man City pun memberi penghormatan dengan memasang patung keduanya.

Vincent Kompany

Patung keduanya akan dipasang pada akhir pekan ini. Selain Vincent Kompany dan David Silva, Manchester City juga dijadwalkan memasang patung Sergio Aguero menyusul pada 2022. Aguero juga sudah meninggalkan Man City pada akhir musim 2020-2021.

Ketiga patung ini merupakan ciptaan seniman pemenang penghargaan di Skotlandia, Andy Scott. Berdasarkan laman resmi klub, Scott menjadi pemenang komisi dari pembuatan patung ini.

BACA JUGA: Bukan Duo Manchester, Arsenal Jadi Tim Paling Boros di Liga Inggris pada Musim Panas 2021

Sebelumnya, Manchester City telah menggelar sayembara pembuatan patung ini sejak Maret 2020. Sepanjang satu tahun, pihak klub melakukan seleksi sebagai patung terbaik dan dimenangkan oleh Scott.

David Silva

Scott merupakan pematung paling disegani di generasinya dan dikenal dengan karya figuratif berskala besar. Ia memiliki portofolio lebih dari 80 proyek kontemporer yang dapat ditemukan di Inggris maupun berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Tak Ikut Cetak Gol ke Gawang Norwich City, Guardiola Tetap Puji Kualitas Gabriel Jesus

Proyek pembuatan patung ini awalnya diumumkan oleh Presiden Manchester City, Khaldoon Al-Mubarak, setelah kepergian Vincent Kompany pada musim panas 2019. Kompany merupakan kapten klub paling sukses dalam 127 tahun sejarah perjalanan Man City.

Keputusan untuk menghormati ketiga pemain tersebut didasarkan pada kontribusi mereka yang tak tertandingi terhadap transformasi klub selama 31 tahun bergabungnya mereka di klub. Al Mubarak juga akan merencanakan pembuatan patung kepada legenda sebelum-sebelumnya.

Al Mubarak pun mengapresiasi kemampuan Andy Scott dalam menciptakan mahakarya yang luar biasa ini. Menurutnya, keahliannya tersebut dapat menghidupkan kembali makna di balik penghormatan kepada para legenda klub.

“Kami senang dengan pilihan Andy untuk menghidupkan proyek ini,” ucap Al Mubarok dikutip dari laman resmi klub, pada Senin (23/8/2021).

Sergio Aguero

"Portofolionya berbicara tentang keahliannya, dan pendekatan kontemporernya, bersama dengan media material industri pilihannya, membuatnya sangat cocok untuk menciptakan karya seni untuk Manchester City,” lanjutnya.

“Pada akhirnya, Vincent dan David tidak membutuhkan patung untuk mengabadikan prestasi mereka di Manchester City selama satu dekade terakhir. Mereka sudah dihormati sebagai ikon generasi mereka,” jelasnya.

"Tapi apa yang diberikan karya seni ini kepada kita, dan generasi yang akan datang, adalah kesempatan untuk diingatkan, dan dinikmati, momen-momen ajaib yang diciptakan oleh kedua orang itu,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini