Bungkam Dinamo Zagreb, Sheriff Tiraspol Sedikit Lagi Bikin Sejarah di Liga Champions

Saliki Dwi Saputra , Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 261 2457137 bungkam-dinamo-zagreb-sheriff-tiraspol-sedikit-lagi-bikin-sejarah-di-liga-champions-1dNimSz3y7.jpg Sheriff Tiraspol menang atas Dinamo Zagreb (Foto: Twitter/@gnkdinamo)

TIRASPOL - Klub Moldova, Sheriff Tiraspol, membuat kejutan pada leg I playoff Liga Champions 2021-2022 dengan mengalahkan Dinamo Zagreb. Kemenangan itu membuat mereka tinggal selangkah lagi mengukir sejarah di Liga Champions.

Tampil di Bolshaya Sportivnaya Arena, Moldova,Sheriff menundukan juara liga Kroasia itu lewat sepasang gol Adama Traore (45' dan 60') serta Dimitris Kolosov (54). Pada laga dini hari tadi, tim berjuluk The Wasps itu sejatinya tidak tampil dominan.

Sheriff Tiraspol mengalahkan Dinamo Zagreb (Foto: Twitter/@gnkdinamo)

Sheriff kalah penguasaan bola dengan 61 persen berbanding 39 persen. Akan tetapi, serangan dari Zagreb masih kurang efektif untuk membuahkan gol.

Dalam laman resmi UEFA, Sheriff justru tampil lebih baik dengan 19 kali percobaan tembakan dengan empat yang mengarah ke gawang. Menariknya tiga dari empat tembakan itu berbuah dengan gol.

BACA JUGA: Hasil Liga Champions 2021-2022 Semalam: RB Salzburg Menang, AS Monaco dan Dinamo Zagreb Kalah

Skor 3-0 pun menjadi modal cukup apik bagi Sheriff di leg kedua nanti. Kedua tim dijadwalkan akan kembali bentrok pada Rabu 25 Agustus 2021 di kandang Zagreb, Stadion Maksimir, Kroasia.

Di atas kertas, wakil Moldova tersebut hanya membutuhkan hasil imbang untuk meraih satu tiket Liga Champions mereka untuk pertama kali dalam sejarah. Jika terwujud, sejarah siap mereka catatkan di level Eropa sejak klub berdiri pada tahun 1997.

Bagaimana tidak, pasalnya mereka belum pernah sama sekali lolos kualifikasi Liga Champions dalam 19 kali percobaan. Catatan terbaik mereka hanya sampai babak playoff 2009-2010. Kala itu, Sheriff harus kalah dari wakil Yunani, Olympiakos, dengan agregat 0-3.

Jika mereka lolos pada musim ini, Sheriff akan menjadi contoh kebangkitan sepakbola Moldova yang merupakan negara termiskin di Eropa. Tercatat, negara tersebut memiliki PDB paling rendah dengan 2.289 dolar AS sekitara (Rp33 juta) per kapita di benua Biru.

Sheriff Tiraspol mengalahkan Dinamo Zagreb (Foto: Twitter/@gnkdinamo)

Walau datang dari negara miskin, The Wasps justru punya rekor mentereng. Mereka sukses mendominasi Liga Utama Moldova dengan 19 kali menjadi juara dari 21 musim terakhir.

Sheriff juga telah memenangkan Piala Super Moldova sebanyak 10 kali. Jika ditotal, mereka telah menghasilkan 29 trofi dalam 24 tahun terakhir.

Catatan prestasi itu menandakan Sheriff siap untuk tampil di level tertinggi Benua Eropa. Kin, Sheriff berupaya untuk mewujudkan target besar tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini