Gara-Gara Pandemi, PSSI dan CTFA Sepakat Undur Pertandingan Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 51 2455375 gara-gara-pandemi-pssi-dan-ctfa-sepakat-undur-pertandingan-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-9xKbKzSXDj.jpeg Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan batal menghadapi Taiwan di pertandingan playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021 nanti. Hal itu dikarenakan pihak PSSI dan Federasi Sepakbola Taiwan (CTFA) sepakat untuk memundurkan laga tersebut.

Seperti yang diketahui, Indonesia bakal bersaing dengan Taiwan untuk memperebutkan tiket menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Pertandingan akan berlangsung secara dua leg, di mana laga pertama berlangsung di Indonesia pada 7 September 2021 dan pertemuan kedua pada 12 Oktober 2021 di Taiwan.

Itu adalah rencana awalnya, namun seiring berjalannya waktu karena pandemi virus corona yang masih belum mereda di kedua negara, maka pihak PSSI dan CFTA membicarakan soal pengunduran jadwal pertandingan pertemuan kedua tim. Dari hasil pertemuan kedua belah pihak secara virtual, laga pertama pun diundur hingga Oktober 2020.

Baca Juga: Liga 1 2021-2022 Sudah Punya Sponsor, Pelatih Bali United Yakin Kompetisi Bergulir

Timnas Indonesia

Menurut pernyataan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, hasil rapat dengan CFTA sudah disampaikan kepada AFC. Kasus virus corona yang kembali melonjak di Indonesia dan Vietnam pun disebutkan menjadi alsannya.

Selain itu, faktor para pemain yang harus melakukan isolasi mandiri saat tiba di negara lawan pun menjadi alasan penundaan tersebut. Dirasa September terlalu cepat sehingga leg pertama dimundurkan ke Oktober 2021.

“Kami telah bersepakat dengan Federasi Sepak Bola Taiwan (CFTA) bahwa pertandingan pada leg pertama bulan September diundur menjadi bulan Oktober. Hasil kesepatan ini kami usulkan ke AFC," jelas Yunus Nusi, dilansir dari laman resmi PSSI, Jumat (13/8/2021).

“Selain itu, kami melihat proses karantina karena di Indonesia wajib karantina 8 hari dan di Taiwan 14 hari. Tentu faktor-faktor tersebut harus kami perhatikan,” tambahnya.

Tentunya kabar pengunduran itu bisa menjadi hal yang positif untuk Timnas Indonesia. Sebab Timnas Indonesia saat ini sedang tak ditemani sang pelatih, Shin Tae-yong.

Sekjend PSSI, Yunus Nusi

Tae-yong saat ini masih berada di Korea Selatan (Korsel) untuk berobat dan melakukan check-up. Rencana mantan pelatih Timnas Korsel tersebut akan kembali ke Indonesia pada pekan ketiga Agustus 2021.

Kehadiran Tae-yong jelas sangat dibutuhkan agar Timnas Indonesia bisa berlatih dengan maksimal. Sebab memenangkan laga melawan Taiwan hukumnya wajib jika mau melihat Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini